Waspadai 3 Peringkat Teratas Gangguan Kerja Setiap Harinya

internet-315799_640

Ada saja hal yang mengganggu ketika bekerja. Mulai dari notifikasi email, panggilan telepon, sampai undangan meeting, semuanya termasuk dalam kategori gangguan dalam bekerja. Berdasarkan hasil survey yang dipublikasikan dalam ‘Productivity at the Office –  Challenge 2015‘, seorang pekerja setidaknya dihadapkan pada 17 gangguan yang berbeda setiap harinya saat sedang bekerja. Sehingga bukan suatu hal yang mengherankan jika seorang pekerja dapat mudah kehilangan perhatian dan fokus mereka.

internet-315799_640

Dari 17 gangguan yang termasuk dalam gangguan kerja, tiga gangguan yang termasuk dalam peringkat teratas, yaitu:

–          Noise (46%)

–          E-mails (28%)

–          Meetings (26%)

Meskipun email menjadi salah satu gangguan yang paling utama, namun sebanyak 78% partisipan survey menyatakan bahwa mereka lebih memilih untuk menyelesaikan suatu permasalahan melalui email dibandingkan dengan melalui telepon.

Baca juga: 13 Gangguan Bekerja di Rumah

Ruang kerja yang terbuka juga berperan besar pada efisiensi kerja. Sebanyak 34% partisipan dalam survey tersebut bekerja di ruang kerja yang terbuka. Dari partisipan tersebut, sebanyak 35% diantaranya menyatakan bahwa konsep ruang kerja yang terbuka mendukung lingkungan kerja yang produktif.

Para partisipan juga dimintai pendapatnya mengenai mengapa meeting dianggap tidak efektif. Hasilnya adalah:

–          Tidak adanya agenda yang jelas dalam meeting (51%)

–          Terlalu sedikitnya keputusan yang diambil (32%)

–          Terlalu sedikitnya progress yang di follow-up (31%)

–          Kurangnya persiapan (26%)

–          Banyaknya peserta meeting yang terlambat (25%)

Baca juga: Tips Mengatasi Gangguan Kecil Saat Bekerja

Dalam conference calls, hal yang dianggap menganggu termasuk di dalamnya noise, masalah koneksi dan kualitas audio yang kurang baik. Meskipun meeting dianggap tidak efektif, ternyata masih banyak pekerja yang ingin menghadiri meeting.

Hasil survey juga menemukan bahwa terdapat beberapa permasalahan yang biasanya dihadapi para pekerja bahkan ketika mereka sedang berada di meja kerjanya, yaitu:

–          Noise (46%)

–          Interupsi dari rekan kerja (43%)

–          Email yang masuk (28%)

“Produktivitas merupakan hal yang penting bagi kesuksesan bisnis dan iklim kompetitif bisnis. Setiap sumber daya yang ada harus dimanfaatkan secara maksimal agar dapat memberikan manfaat bagi organisasi. Ketika banyak organisasi yang mendesain ruang kerja sedemikian rupa untuk memfasilitasi iklim kerja yang lebih baik, dan menginvestasikan teknologi untuk membuat meeting ataupun panggilan lebih baik, pendekatan ini terkadang tidak didukung dengan keuntungan yang didapatkan. Bisnis harus disesuaikan dengan kebutuhkan pekerja sehingga produktivitas terjaga dan dapat mencapai tujuan yang ingin diraih,” ungkap Holger Reisinger, Senior Vice President, Jabra.

Dengan produktivitas yang terbatas di tempat kerja, sebanyak 36% partisipan mengakui bahwa mereka menyelesaikan pekerjaan mereka di luar jam kerja untuk memastikan bahwa pekerjaan mereka telah selesai sebelum bekerja keesokan harinya. (*)