33% Pekerja di AS ‘Curi-curi’ Waktu untuk Bekerja Saat Jam Makan Siang

time-481448_640

Pernahkah Anda bertanya-tanya apa yang dilakukan oleh para pekerja pada jam makan siang? Apakah mereka benar-benar makan siang? Atau mungkin ternyata mereka masih ‘curi-curi’ waktu untuk menyelesaikan pekerjaan mereka yang belum selesai.

time-481448_640

Berdasarkan survey yang dilakukan oleh Accountemps, sebagian besar (49%) para professional di bidang accounting dan finance di Amerika Serikat, menghabiskan waktu istirahat makan siang mereka dengan sendirian. Sebanyak 46% responden menyatakan bahwa mereka memilih untuk makan siang bersama kolega mereka dan sebanyak 37% responden memilih makan siang bersama dengan rekan kerja.

Baca juga: Mengapa Para Bos Memakai Jas Hitam dan Jarang Makan Siang?

Apa saja yang para pekerja lakukan saat makan siang? Ternyata sebanyak 33% responden mengakui bahwa mereka masih ‘curi-curi’ waktu untuk menyelesaikan pekerjaan sambil menikmati makan siang. Sebanyak 28% responden mengecek email pribadi mereka dan sebanyak 24% responden mengecek akun media sosial mereka.

Menariknya, terdapat 37% responden yang menyatakan bahwa mereka ingin olahraga atau pergi ke gym saat jam makan siang, namun  hanya 10% yang benar-benar melakukannya. Tidur siang ternyata bisa jadi pilihan aktivitas yang bisa dilakukan saat istirahat jam makan siang. Sebanyak 13% responden mengakui bahwa mereka ingin tidur siang sejenak ketika istirahat jam makan siang. Namun hanya 3% yang melakukannya.

Baca juga: 5 Tips Hilangkan Kantuk Setelah Makan Siang

Bill Driscoll, selaku salah satu kepala cabang Accountemps, menyatakan para pekerja untuk menjauhkan diri mereka dari pekerjaan mereka pada saat jam istirahat makan siang. Meskipun pekerjaan mereka masih memiliki pekerjaan yang belum diselesaikan.

“Makan siang bersama rekan kerja tidak hanya akan memperkuat ikatan dengan sesama pekerja, namun juga membentuk lingkungan yang lebih nyaman untuk bekerja sama dan bertukar pikiran,” ungkap Driscoll. Ia menambahkan, “Beristirahat sejenak, meskipun hanya beberapa menit, dapat membantu Anda menjernihkan dan memperluas pikiran Anda. Terutama ketika Anda dihadapkan oleh permasalahan yang menantang.”(*)