Sektor Teknologi Masih Kekurangan Pemimpin Wanita

Female Managers

Dalam rangka memperingati Hari Wanita Internasional, ILO (International Labour Organization) merilis laporan yang menunjukkan bahwa wanita masih menghadapi kesulitan dalam mendapatkan dan mempertahankan pekerjaan. Saat ini presentase perempuan yang bekerja hanya 46% jika dibandingkan dengan pria yang hampir 72%. Angka ini hanya meningkat 0,6% sejak tahun 1995.

student-849821_640

Baca juga: Manager Perempuan Lebih Tenang Hadapi Konflik

Proporsi wanita yang menempati posisi pemimpin pun hanya meningkat sedikit dalam satu dekade terakhir. Berdasarkan laporan yang dirilis oleh Grant Thornton, ‘hanya’ 22% posisi pemimpin senior yang diisi oleh wanita. Industri pendidikan dan pelayanan sosial dan kesehatan merupakan dua industri yang posisi pemimpin seniornya masih banyak ditempati oleh wanita. Dalam kedua industri tersebut, satu dari empat posisi senior manager diisi oleh seorang wanita. Sebanyak 33% pemimpin senior di sektor hospitality disi oleh wanita. Diikuti dengan sektor makanan dan minuman sebanyak 27%.

Female Managers

Baca juga: Pemimpin Perempuan Lebih Mudah Stress, Benarkah?

Sektor teknologi dikenal dengan sektor industri yang didominasi oleh para pria. Hanya 19% wanita yang mendapatkan posisi pemimpin senior di sektor teknologi. Tidak hanya di sektor teknologi, sektor manufaktur dan transportasi pun minim pemimpin wanita. Sektor penggalian dan pertambangan menjadi sektor industri yang paling minim pemimpin perempuan dengan presentase hanya 12%. (*)