Responden Akui Cek Email dalam Kondisi-Kondisi Tidak Biasa

email-297068_640

Mengecek email bahkan ketika sedang tidak di kantor mungkin adalah hal yang biasa Anda lakukan. Namun mengecek email saat rekan Anda sedang melakukan persalinan sepertinya adalah hal yang tidak biasa. Meskipun begitu, hal tersebut benar-benar terjadi.

Berdasarkan survey yang dilakukan melalui GFI software, ditemukan bahwa banyak orang mengecek email, terutama email kantor, pada situasi yang sangat-sangat tidak terduga. Lebih dari satu persen responden mengakui bahwa mereka pernah mengecek email mereka saat rekan mereka sedang menjalani persalinan.

email-297068_640

(Sumber image: pixabay.com)

Sebanyak 3% responden mengakui bahwa mereka mengecek email saat menghadiri acara sekolah anak. Bahkan hampir 5% responden pernah mengecek email saat menghadiri pernikahan seseorang. Di lokasi pemakaman sekalipun ternyata tidak menjadi halangan bagi para pekerja untuk tetap mengecek email.

Baca juga: Meeting dan Email Kuras Energi Karyawan

Hasil survey juga menunjukkan bahwa sebanyak 47% responden mengecek email kantor mereka setidaknya satu kali saat sudah di luar jam kerja. Sebanyak 33% responden mengecek email kantor beberapa kali email kantor dalam satu hari. Mulai dari saat sarapan, malam bahkan hari libur.

Email memang membuat pekerjaan lebih mudah. Email juga membuat interaksi yang terjadi lebih luas dan efisien. Namun terkadang email dapat mengganggu juga. Tidak semua email perlu dibalas dengan menekan ‘reply all’ yang kemudian dapat men-CC penerima lain. Sebanyak 28% responden mengakui bahwa fitur CC terkadang tidak membantu dan membuat mereka kesulitan dalam mengatur email mereka.

Baca juga: Tips Efektif Menulis Email

Selain seputar email, para responden juga diminta pendapatnya mengenai metode komunikasi apa yang paling efektif untuk urusan pekerjaan. Email, tentu saja, berada di peringkat pertama, diikuti dengan meeting di café, telepon dan terakhir instant messaging.

Sergio Galindo, selaku general manager GFI software, seperti dilansir hrmasia.com mengatakan, “Meskipun memiliki banyak tantangan dan menimbulkan ketidak nyamanan, namun ternyata email memang diakui sebagai teknologi yang pas dan efektif di tempat kerja ataupun di rumah.” (*)