Pesta di Kantor Membuat Atmosfir Kerja Lebih Menyenangkan

dancing-156041_640

Banyak para professional meyakini bahwa bekerja dan ‘bermain’ tidak dapat dicampur adukan. Namun berdasarkan hasil survey yang dilakukan oleh BringHR yang bertajuk “It Pays to Play“, ‘bermain’ di kantor ternyata dapat meningkatkan produktivitas para pekerja. Bagaimana bisa?

dancing-156041_640

Para partisipan survey diminta menjelaskan apa maksud tempat kerja yang menyenangkan menurut mereka. Jawaban mereka, “memiliki rekan kerja yang membuat mereka merasa nyaman untuk menghabiskan waktu bersama” dan “menyelesaikan tugas yang berhubungan dengan pekerjaan dengan cara yang menarik dan menyenangkan.” Selain itu terdapat beberapa definisi lain mengenai tempat kerja yang menyenangkan menurut para pekera.

Berikut jawabnnya:

1. Memiliki lingkungan yang menyenangkan dan menenangkan

2. Meraih tujuan kerja

3. Merayakan hari spesial rekan kerja

4. Mengambil waktu libur

5. Melakukan aktivitas yang tidak berkaitan dengan kerja, seperti bermain game atau kegiatan sosial yang diadakan kantor

Sebanyak 55% partisipan wanita menyatakan bahwa lingkungan kerja yang menyenangkan dapat memberikan dampak positif terhadap tingkat stress mereka. Sedangkan pada pria sebanyak 44%. Selain itu, lingkungan kerja yang menyenangkan juga dapat membantu para pekerja untuk membangun relasi dengan rekan kerja dan menciptakan lingkungan kerja yang positif.

Baca juga: 8 Cara Membuat Hari Anda Lebih Menyenangkan

Lantas, hal-hal apa saja yang bisa membuat tempat kerja menjadi menyenangkan? Berikut rangkuman hasil dari survey yang dilakukan.

1. Dress-down pada hari Jumat: 25%

2. Pesta di kantor: 21%

3. Adanya meja biliard: 19%

4. Adanya hewan peliharaan di kantor: 18%

5. Hari pijat: 17%

6. Charity fundraising days: 15%

7. Adanya meja tenis meja: 12%

8. Adanya konsol game: 12%

9. Adanya board games: 9%

10. Adanya mesin karaoke: 8%

Berdasarkan hasil survey diketahui bahwa menyelenggarakan aktivitas yang menyenangkan adalah salah satu faktor yang berperan penting dalam membangun lingkungan kerja yang baik. Dalam laporan hasil survey dijelaskan bahwa para pekerja ingin dikenal dengan pencapaian mereka. Mereka juga ingin merayakan kesuksesan mereka bersama rekan kerja mereka. Terdapat beberapa cara yang sederhana dan mudah untuk membuat hal yang menyenangkan di tempat kerja. Dengan membantu para pekerja untuk lebih kreatif, mereka pun akan berusaha untuk berpikir out of the box dan meraih pencapaian yang lebih tinggi. (*)