Mendapatkan Perlakuan Baik, Jadi Posisi Teratas Kenapa Karyawan Puas di Tempat Kerja

happy working

Apakah Anda sudah merasa puas di tempat kerja? Kalau iya apa ukurannya? Berdasarkan survey yang dilakukan oleh Society for Human Resource Management (SHRM), ternyata 88% pekerja di Amerika Serikat merasa puas dengan pekerjaan mereka. Survei yang kemudian dituangkan dalam laporan berjudul “Employee Job Satisfaction and Engagement Survey” menyebutkan, sebanyak 37% di antaranya menyatakan sangat puas (very satisfied) dan 51% merasa agak puas (somewhat).

Businessman jumping into beanbag chair in office

(Image: www.huffingtonpost.com)

Lantas, para partisipan survey diminta untuk membuat daftar apa saja yang berperan dalam menentukan kepuasan kerja mereka. Dari berbagai macam jawaban yang masuk, 10 di antaranya menempati peringkat teratas. Berikut hasilnya.

  1. Mendapatkan perlakuan baik dari semua level pekerja: 67%
  2. Gaji: 63%
  3. Tunjangan: 60%
  4. Keamanan kerja: 58%
  5. Rasa percaya antara pekerja dan atasan: 55%
  6. Kesempatan untuk menampilkan skill: 55%
  7. Kestabilan keuangan perusahaan: 53%
  8. Hubungan yang baik dengan supervisor terdekat: 53%
  9. Merasa aman di lingkungan kerja: 50%
  10. Rasa dihargai oleh supervisor terdekat

Secara keseluruhan, presentase pekerja yang merasa puas dengan pekerjaannya pada tahun 2015 merupakan presentase tertinggi dalam 10 tahun terakhir. Meskipun begitu hasil survey tersebut mencatat bahwa kepuasan para pekerja hanya sampai beberapa bagian tertentu. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, SHRM menyarankan perusahaan untuk melakukan dialog dan sesi feedback untuk membangun hubungan yang positif dengan pekerja dan mengidentifikasi area mana saja yang membutuhkan peningkatan. (*)