Kapan Waktu yang Tepat untuk Melakukan Wawancara Kerja?

job interview

Hasil survei ini tentu sangat berguna bagi rekruter dan job seeker. Survei yang oleh dilakukan oleh Accountemps ini mencoba menggali jam berapa yang dianggap paling produktif untuk melakukan wawancara. Kepada para para partisipan diminta pendapatnya mengenai kapan waktu yang dianggap paling produktif untuk melakukan wawancara.

job interview

Hasilnya, sebanyak 61% menjawab antara pukul 9 hingga 11 siang. Menurut Bill Driscoll, selaku District President Accountemps, waktu antara pagi menjelang siang adalah waktu yang paling ideal untuk melakukan wawancara kerja.

tabel1

Baca juga: Anda Ingin Dipanggil Wawancara Kerja, Ikuti 4 Tips Ini

Hal ini akan membuat pewawancara menyusun jadwal prioritas mereka dan dapat menyiapkan diri di hari sebelumnya. “Hindari melakukan wawancara ketika mendekati jam pulang. Pewawancara sudah lelah dan mulai fokus pada prioritas pribadi mereka,” ungkap Driscoll.

Selain waktu wawancara, hasil studi juga menunjukkan berapa lama menit pertama yang dibutuhkan untuk menggali kandidat. Ketika ditanya berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memberikan penilaian pada kandidat, sebanyak 60% responden menyatakan bahwa mereka mampu memberi penilaian pada kandidat pada 15 menit pertama.

tabel2

Baca juga: Apa yang Harus Dilakukan Sebelum Saat dan Setelah Wawancara?

Menurut Driscoll, kesan pertama yang kuat perlu dibangun oleh kandidat. “Mulai dari berjabat tangan, pakaian yang dikenakan, sikap hingga bahasa tubuh semuanya adalah hal yang akan dilihat pertama kali oleh para pewawancara ketika pertama kali bertemu,” tambahnya. (*)