Ini Alasan Kenapa Orang Sukses Tak Membawa Smartphone saat Meeting

meeting-2284501_640

Anda akan mengganggu  kolega apabila membawa ponsel ke dalam ruang meeting. Begitulah hasil riset yang dihajat USC Marshall School of Business. Dan bahkan, ketika Anda bekerja dengan orang-orang yang umurnya di atas 40 tahun, dampaknya bisa jauh lebih buruk.

meeting-2284501_640

(Image credit: Pixabay.com)

Riset ini dilakukan dengan melibatkan sebanyak 554 karyawan yang bekerja secara fulltime di Amerika Serikat di perusahaan dengan jumlah karyawannya minimal 50 orang. Setelah ditanya mengenai berbagai pertanyaan tentang smartphone, didapatkan jawaban sebagai berikut:

  • 86% mengatakan bahwa tidak tepat menjawab telepon ketika sedang rapat.
  • 84% mengatakan bahwa tidak tepat membalas atau menulis pesan saat rapat.
  • 66% mengatakan bahwa menulis email atau pesan ketika sedang makan siang di luar kantor tidak seharusnya dilakukan, dan
  • Semakin banyak penghasilan seseorang, semakin mereka tidak setuju dengan penggunaan ponsel ketika rapat.

Dari riset tersebut juga ditemukan hasil bahwa generasi milenial tiga kali lebih toleran dalam penggunaan smartphone dibandingkan generasi sebelumnya dalam situasi yang sama. Hal ini cukup ironis karena perkembangan karir mereka di perusahaan tak lepas dari peran atasan atau kolega yang umurnya sudah lebih tua.

Sejalan dengan temuan mengenai milenial, TalentSmart, sebuah instansi penyedia jasa tes Emotional Intelegence (EQ) di Amerika,  melakukan pengetesan terhadap intelegensi emosional orang-orang di belahan dunia dan mendapati bahwa generasi milenial adalah generasi yang memiliki self-awareness paling rendah. Mereka tidak peka akan perilaku mereka dalam masyarakat dan penilain orang lain terhadap dirinya.

Lalu, mengapa pemimpin-pemimpin sukses lebih memilih tidak membawa smartphone ke ruang meeting? Seperti dilansir dari entrepreneur.com, hal tersebut didasarkan pada beberapa alasan di antaranya,

  1. Kurangnya Respect atau sikap Menghargai Orang Lain

Anda menyiratkan bahwa pesan yang masuk melalui ponsel lebih penting dari pesan yang sedang dibahas dalam meeting. Selain itu, Anda terkesan lebih mementingkan orang yang jauh di luar sana, pengirim pesan, dibandingkan orang yang duduk di depan Anda.

  1. Kurang Perhatian

Dengan mengalihkan konsentrasi pada ponsel, akan lebih sulit bagi Anda untuk fokus pada topik yang sedaang dibahas dalam rapat.

  1. Kurang Mendengarkan

Anda tidak menjadi pendengar yang baik sehingga kolega Anda dalam meeting merasa tidak didengar.

  1. Kurang Memiliki Kuasa

Ketika Anda terus-menerus mengalihkan perhatian Anda pada smartphone, Anda terlihat kurang memiliki kekuatan untuk mengabaikan dering telepon tersebut.

  1. Kurangnya Self-Awareness (kesadaran akan eksistensi diri sendiri)

Akibat terlalu sibuk dengan ponsel, Anda mungkin tidak sadar betapa anehnya sikap Anda di mata peserta rapat lainnya.

  1. Kurangnya Social Awareness

Anda tidak begitu peduli dengan kondisi sekitar Anda dan dampak yang muncul akibat perbuatan Anda

Dengan fakta bahwa smartphone berpotensi mengganggu kelancaran jalannya sebuah pertemuan, akan lebih baik jika penggunaannya dibatasi atau bahkan dilarang. Sebelum meeting diskusikan tentang dampak buruk penggunaan smartphone saat meeting. Atau jika cara tersebut belum berhasil, pasanglah poster yang berisi larangan memakai smartphone di ruang meeting.(*)