Harvard, Kampus dengan Lulusan Milyuner Terbanyak di Dunia

(Harvard.edu)

Tahukah Anda, menurut sebuat survey, Harvard memiliki alumni paling banyak dibandingkan universitas-universitas lainnya di dunia. Harvard, yang masuk dalam jajajaran  The Ivy League Institution, sebutan bagi kampus-kampus bonafid Amerika, menghasilkan beberapa tokoh seperti Bill Gates, Mark Zuckerberg hingga Barrack Obama.

(Harvard.edu)

(Harvard.edu)

Hal ini menyebabkan Harvard menjadi kampus yang dengan rangking terbaik di Amerika Serikat dan bahkan dunia yang juga menjadi kampus yang berhasil menelurkan milyuner terbanyak di dunia. Negara Amerika mendominasi dalam hal kampus-kampus yang menghasilkan milyuner terbanyak.

Dalam daftar 5 besar, empat di antaranya berasal dari Amerika. Sedangkan dari 10 terbesar, 9 kampus adalah milik Amerika Serikat. Bahkan dari daftar 20 besar, ada 17 kampus berbasis Amerika Serikat yang terdaftar di dalamnya. Dari 50 besar daftar kampus yang menghasilkan milyuner terbanyak, 31 di antaranya adalah milik Amerika Serikat, baik itu swasta maupun Negeri.

Baca juga: Ini Alasan Kenapa Skill Lebih Penting Ketimbang Gelar Akademis

Seperti dikutip dari forbes.com, berikut adalah 20 kampus dengan lulusan milyuner terbanyak di dunia.

  1. Harvard University (A.S)
  2. University of Pennsylvania (A.S.)
  3. Stanford University (A.S.)
  4. Oxford University (Inggris)
  5. University of California, Berkeley (A.S.)
  6. University of Texas (A.S.)
  7. Cornell University (A.S.)
  8. Princeton University (A.S.)
  9. Yale University (A.S.)
  10. University of Michigan (U.S.)
  11. Cambridge University (Inggris)
  12. University College, London (Inggris)
  13. California State University (A.S.)
  14. Ecole Polytechnique (Perancis).
  15. New York University (A.S)
  16. Columbia University (A.S)
  17. Massachusetts Institute of Technology (A.S.)
  18. University of Southern California (A.S.)
  19. Dartmouth College (A.S.)
  20. University of Wisconsin (A.S.)

Selain 20 universitas tersebut, Inggris juga memberikan kontribusi tambahan 4  universitas yang berarti totalnya ada 6 universitas. Lainnya, disumbang oleh negara Perancis (2), Australia (4), Kanada dan masing-masing satu oleh Meksiko, Israel, Italy, Singapura dan Ireland.

Baca juga: Mereka yang Dropout dan Sukses

Sebetulnya, cukup mengherankan karena hanya ada satu universitas berbasis Asia yang masuk sebagai kampus dengan lulusan taipan. Padahal, Benua Asia adalah tempat tinggal bagi 29% orang terkaya di dunia. Alasannya, menurut seorang pengaman kekayaan (wealthInsight), Oliver Williams, pendidikan di Amerika sangatlah kuat sehingga menarik banyak sekali talent di manapun mereka berada.

Dan meskipun Harvard menjadi top rank survei tersebut tidak melibatkan Bill Gates dan Mark Zuckerberg yang merupakan mahasiswa drop out (DO) dari kampus tersebut. (*)