Dua Minggu Dihabiskan Setiap Tahunnya ‘Hanya’ untuk Mengurus Komputer

laptop-1385702_640

Berapa lama waktu yang Anda habiskan setiap harinya hanya untuk membenarkan komputer Anda? Mulai dari komputer yang terlalu lama menyala, internet yang tidak terkoneksi sampai layar yang mendadak mati menjadi masalah yang biasa dihadapi para pengguna komputer.

laptop-1385702_640

Mereka yang hampir setiap waktunya dihabiskan di depan komputer pasti akrab dengan permasalahan tersebut. Pertanyaannya sekarang, berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, 10 menit? 15 menit? Atau mungkin seharian. Permasalahan yang sepertinya terlihat remeh tersebut, ternyata cukup menyita banyak waktu para bekerja.

Baca juga: Apa Kabar Karyawan Pertama dari Perusahaan Teknologi

Percaya ataukah tidak bahwa seorang pekerja bisa kehilangan waktu dua minggu setiap tahunnya ‘hanya’ karena permasalaan seputar Information Technology (IT). Berdasarkan survey yang dilakukan oleh Robert Half US, rata-rata seorang pekerja menghabiskan sebanyak 22 menit setiap harinya untuk membuat komputer mereka tetap bekerja.

Setiap tahunnya seorang pekerja akan kehilangan 91 jam, bagi mereka yang bekerja lima hari dalam seminggu selama delapan jam, karena malfungsi perangkat IT. Meskipun malfungsi, namun 65% pekerja menyatakan bahwa infrastruktur IT perusahaan mereka baik. Sebanyak 23% berpendapat netral, sebanyak 9% dan 3% berpendapat bahwa infrastrukturIT di kantornya buruk dan sangat buruk.

Baca juga: Ini Efek Samping Teknologi

Menurut John Reed, selaku Executive Director Robert Half Technology, teknologi seperti layaknya dua mata pisau. “Teknologi dapat menjadi penghemat waktu yang efektif, namun ia dapat menghabiskan banyak waktu jika ia tidak dapat bekerja dengan maksimal atau orang-orang tidak paham cara mengoperasikannya,” ungkap Reed.

Reed menyarankan agar setiap perusahaan memiliki helpdesk sehingga produktivitas pekerja tidak terganggu. Selain itu helpdesk juga bisa menjadi aset penting bagi perusahaan. (*)