Dampak Libur Akhir dan Awal Tahun, 76% Karyawan Kehilangan Waktu Bareng Keluarga

liburan

Bukan rahasia umum lagi bahwa produktivitas pekerja selama bulan Desember akan menurun. Hal ini disebabkan tidak lain dan tidak bukan adalah karena liburan akhir dan awal tahun yang sudah direncanakan jauh-jauh hari.

liburan

CV-Library, salah satu website lowongan pekerjaan di Inggris, melakukan survey mengenai hal buruk yang dirasakan oleh pekerja jika harus bekerja saat libur akhir tahun. Dari 1.100 pekerja Inggris yang menjadi partisipan survey, sebagai 70,6% menyatakan bahwa semua office-based business harus ditutup selama jelang akhir dan awal tahun baru. Hal ini dikarenakan mereka merasa tidak berguna berada di kantor ketika mayoritas pekerjaan sudah selesai.

Para partisipan bahkan membuat peringkat hal-hal buruk apa saja yang dirasakan ketika harus bekerja saat libur Natal dan Tahun baru. Berikut tiga peringkatnya teratasnya.

  1. Kehilangan waktu bersama keluarga (76.1%)
  2. Hanya sedikit yang harus dikerjakan (25.1%)
  3. Jam kerja yang lebih panjang (19.3%)

Kenyataannya, kebanyakan bisnis tidak dapat tutup barang sehari pun. Sehingga para pekerja pun harus mampu membuat pekerjaan mereka terasa menyenangkan. Sebagai langkah antisipasi, Lee Biggins, founder CV-Library menyarankan perusahaan untuk membuat agenda bagi para pekerjanya untuk mengimplementasikan jam kerja fleksibel atau bahkan membiarkan para pekerja mengenakan jumper saat bekerja. (*)