Belanja Online dari Kantor Bisa Tingkatkan Produktivitas?

Tabel1

Berbelanja online kini menjadi hal lumrah yang dilakukan setiap orang. Berbelanja online pun bisa dilakukan di mana pun dan kapan pun, termasuk di kantor ketika sedang bekerja. Berbelanja online memang memberikan kesenangan tersendiri. Mendapatkan barang yang diinginkan dengan penawaran yang menarik dapat memberikan kepuasan pribadi.

purchasing-689442_640

Berdasarkan hasil survey yang dilakukan oleh Robert Half, seperempat dari Chief Information Officers (CIOs) yang berpartisipasi dalam survey melaporkan bahwa perusahaan mereka memberikan akses yang tidak terbatas terhadap situs belanja online. Sebanyak 48% lainnya melaporkan bahwa perusahaannya juga melakukan hal yang sama namun tetap memonitor aktivitas belanja online para pekerjanya.

Meski begitu, ternyata ada juga yang memilih untuk memblokir situs belanja online. Sebanyak 25% CIOs menyatakan bahwa perusahaan mereka memblokir akses situs belanja online. Sebanyak 30% pekerja mengaku mereka merasa berdosa ketika berbelanja online di kantor. Sebanyak 28% pekerja menyatakan bahwa rekan kerja mereka tidak bekerja dengan keras ketika sedang berselancar di situs belanja online.

Bukan berarti berbelanja online dapat menurunkan produktivitas kerja. Berdasarkan hasil survey, sebanyak 19% pekerja menyatakan bahwa mereka lebih produktif saat bekerja setelah berbelanja online.

Ketika para CIOs ditanyakan, “Which one of the following best describes your company’s policy regarding employees shopping online while at work?”Jawaban mereka adalah sebagai berikut.

Tabel1

“Banyak professional yang menghargai kemampuan seseorang untuk melakukan belanja online dengan cepat pada saat kerja selama musim liburan. Namun para pekerja harus ingat bahwa perusahaan memantau aktivitas belanja online mereka. Para professional harus mengikuti praktik browsing secara aman dan nyaman, dan meminimalkan gangguan saat bekerja,” ungkap John Reed, selaku Senior Executive Director Robert Half Technology. (*)