63% Pekerja Anggap Konsep 9 to 5 Sudah Jadul

room-service-297070_640

Apakah Anda sepakat jam kerja ‘9 to 5’ sepertinya sudah tidak berlaku lagi pada masa kini? Ya, seperti kita saksikan dan rasakan, berkat kemajuan teknologi, bekerja bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja.

Berdasarkan hasil survey yang dilakukan oleh CareerBuilder, sebanyak 63% pekerja dari 1.000 orang pekerja yang menjadi partisipan survey, meyakini bahwa konsep ‘9 to 5’ adalah konsep yang sudah ‘jadul,’ karena mereka sulit untuk meninggalkan kantor secara psikologis. Kebanyakan pekerja ini juga mengakui bahwa mereka kerap kali bekerja lagi di luar waktu kerja yang sudah ditentukan.

room-service-297070_640

Berdasarkan fakta yang ditemukan, lebih dari 50% partisipan mengakui bahwa mereka mengecek dan membalas email kantor di luar waktu kerja. Selain itu, sebanyak 38% menyatakan bahwa mereka melanjutkan pekerjaan mereka di luar waktu kerja. Ketika sedang absen sekalipun, sebanyak 62% pekerja tetap terhubung dengan urusan kantor mereka karena itu adalah kewajiban mereka untuk mengetahui progress pekerjaan mereka.

Baca juga: Jam Kerja dan Mesin Absensi

Bekerja di luar jam kantor konvensional ternyata sudah menjadi kebiasaan buruk para pekerja. Sebanyak 20% pekerja mengakui bahwa sebelum tidur mereka masih memikirkan pekerjaan mereka. Bahkan sebanyak 42% pekerja mengakui bahwa hal yang pertama kali teringat ketika bangun tidur adalah pekerjaan mereka yang belum selesai.

Hasil survey juga menunjukkan bahwa pria yang lebih sering bekerja di luar jam kantor konvensional dibandingkan wanita. Perbandingannya adalah 44:32. Para pekerja pria ini juga mengakui bahwa mereka mengecek ataupun membalas email kantor lebih cepat daripada wanita. Sebanyak 59% pekerja pria dan 44% pekerja wanita menyetujui hal ini. Selain itu, sebanyak 23% pekerja wanita lebih memikirkan pekerjaan sebelum mereka tidur dibandingkan dengan pria yang hanya 16%.

Selain perbandingan antara pekerja pria dan wanita, hasil survey juga menunjukkan adanya hubungan antara perbedaan generasi dengan waktu bekerja di luar jam kantor konvensional. Sebanyak 31% pekerja berusia 18-24 tahun akan bekerja di luar jam kantor jika dibutuhkan, sedangkan pekerja yang berusia 45-54 tahun sebanyak 50% dan pekerja usia 55 tahun ke atas ‘hanya’ 38%.

Baca juga: Adakah Manfaat Jam Kerja Fleksibel untuk Bisnis

Bagi para pekerja yang berusia 55 tahun ke atas, sebanyak 70% di antara mereka mengakui bahwa bekerja di luar jam kantor adalah pilihan bagi mereka, sedangkan bagi pekerja yang berusia antara 18-24 tahun hanya 56% yang menyatakan bahwa hal tersebut bukanlah pilihan bagi mereka. Para pekerja yang lebih muda juga lebih banyak memikirkan pekerjaan, baik sebelum tidur (31%) ataupun setelah bangun tidur (11%).

“Berpindah dari konsep kerja ‘9 to 5’ akan tidak memungkinkan bagi beberapa perusahaan, namun jika dapat dijalankan dengan benar, membiarkan para pekerja kebebasan dan fleksibilitas dalam menentukan jam kerja mereka dapat meningkatkan semangat kerja mereka, meningkatkan produktivitas dan meningkatkan tingkat retensi,” ungkap Rosemary Haefner, selaku Chief of Human Resource Officer CareerBuilder. (*)