3 Sumber Stress Penduduk Dunia, Apa Saja?

Infografik - 3 Sumber Stress Penduduk Dunia

Sepertinya memang setiap orang tidak bisa terhindar dari stress. Sekarang tinggal kita yang menghadapi stress tersebut. Akankah stress menjadi sumber penyemangat atau justru malah menurunkan motivasi.

Infografik - 3 Sumber Stress Penduduk Dunia

Masalah uang (35%), self-pressure (32%) dan kurang tidur (22%) menjadi 3 (tiga) penyebab utama stress dalam kehidupan sehari-hari. Peringkat keempat diisi oleh issue kesehatan (20%) dan peringkat kelima ditempati oleh tanggung jawab pekerjaan (20%). Kelima hal ini dirangkum berdasarkan survey terhadap 27.000 pelanggan GfK yang berusia mulai 15 tahun di 22 negara.

Meski responden berasal dari banyak negara, toh, tidak semua penduduk dunia mengalami stress dikarenakan hal yang sama. Penduduk Jepang, misalnya, sebanyak 48% warganya menyatakan bahwa tidak ada dari kelima hal tersebut yang menjadi penyebab stress mereka. Diikuti dengan Jerman (44%), Belanda (37%) dan Hong Kong (37%) yang memiliki pendapat sama.

Seiring dengan bertambahnya usia, hal yang menyebabkan stress pun juga berubah. Mereka yang berusia 15-29 tahun menganggap self-pressure sebagai penyebab utama stress mereka. Sedangkan mereka yang berusia 30 tahun keatas lebih mengkhawatirkan uang yang harus mereka cari untuk memenuhi kebutuhan hidup. (*)