Tahukah Anda, Kepuasan Kerja Nyatanya Berhubungan dengan Masalah Kesehatan

Apakah Anda merasa puas dengan pekerjaan Anda? Jika jawaban Anda tidak, berarti Anda harus berhati-hati dengan kesehatan Anda di kemudian hari. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Jonathan Dirlam dan Hui Zheng dari Ohio State University, diketahui bahwa kepuasan kerja yang diraih pada usia akhir 20-an sampai 30-an berhubungan dengan kesehatan seseorang saat usia 40-an.

(Image credit: Pixabay.com)

Hasil ini diungkapkan berdasarkan data yang diambil dari 6,432 penduduk Americans yang berpartisipasi dalam National Longitudinal Survey of Youth pada tahun 1979. Para partisipan ini sebelumnya diminta memberikan peringkat mengenai kepuasan kerja mereka dari 1 (dislike very much) hingga 4 (like very much). Dari partisipan yang sama, mereka dimiinta memberikan laporan atas kesehatan mereka.

Hasilnya, Dirlam dan Zheng menemukan hubungan antara mereka yang kurang puas dengan pekerjaan mereka pada usia 20 dan 30-an dengan masalah kesehatan yang mereka alami saat usia mereka 40-an. Hal ini terjadi karena stress yang termanifestasi selama bertahun-tahun. Menghabiskan waktu 8 (delapan) hingga lebih jam setiap harinya di tempat yang tidak memberikan kepuasan membuat pekerja stress. Lalu stress ini pun termanifestasi.

Menariknya, dampak kesehatan ini tidak berhubungan dengan kebahagiaan Anda saat mendapatkan pekerjaan. Namun dengan bagaimana Anda merasa bahagia dengan pekerjaan Anda yang kerap kali berubah seiring berjalannya waktu. Mereka yang kepuasan kerjanya meningkat ketika pindah ke tempat baru memiliki masalah kesehatan yang lebih sedikit pula.

“Kami berpikir bahwa akan sangat menarik mempelajari mengenai kepuasan kerja dan dampak kesehatannya. Hanya sedikit yang pernah menjalankan studi  ini sehingga kami berharap kami dapat memberikan kontribusi tambahan dalam topik ini,” ungkap Dirlam pada CBS News. (*)