Pekerja di Singapura Paling Tidak Puas, Kok Bisa?

satisfied-workforce

Rumput tetangga selalu tampak lebih hijau. Tentu ini kiasan untuk topik bahasan bahwa pekerja di Singapura menjadi pekerja yang paling tidak puas di antara negara tetangganya.

satisfied-workforce

Menurut laporan yang bertajuk, 2016 Happines Index Report dalam JobStreet.com, Singapura menjadi negara yang meraih skor kepuasan paling rendah dengan poin 5.09 dari 10. Para pekerja ini juga mendapatkan skor terendah (4.93) ketika ditanya bagaimana mereka melihat kepuasan kerja mereka dalam enam bulan ke depan.

Sebaliknya, pekerja Filipina menjadi pekerja yang paling puas dengan skor 6.25 dari 10. Sedangkan di peringkat kedua ditempati oleh pekerja dari Indonesia (6.16) dan peringkat ketiga di tempati oleh pekerja dari Thailand (5.74).

Laporan ini menggali lebih dalam mengenai aspek-aspek apa saja yang membuat seorang pekerja meninggalkan ataupun bertahan pada pekerjaan mereka. Lalu program dan sistem yang seperti apa yang dapat meningkatkan iklim kerja. Selain itu laporan ini juga menyoroti kualitas pekerjaan atau faktor apa saja yang berpengaruh dalam menurunnya kepuasan kerja. (*)