Membangun Karier yang Sukses, Temukan Makna Karier Anda

Karir yang ideal belum tentu bisa Anda dapat dengan sekali atau dua kali bekerja. Terkadang permasalahan timbul hilang saat Anda meniti karir saat ini. Mungkin Anda menyukai pekerjaan Anda sekarang, namun tidak jarang Anda merasa belum puas dengan pencapaian kerja yang sudah Anda tempuh. Entah itu menyangkut permasalahan jenjang karir, sikap atasan, kejenuhan ataupun salary yang Anda terima.

Banyaknya pertanyaan seputar karir rasanya tidak ada habisnya. Untuk itu beberapa konsultan karir sangat concern dengan hal ini. Seperti Ardiningtyas Pitaloka dan Andin Andiyasari, mereka berdua membagi jawaban seputar karir pada buku terbitan terbarunya, berjudul ‘My Passion My Career’. Buku yang menerangkan masalah karir yang terjadi di praktek sehari-hari, karena topiknya dilontarkan sendiri oleh penanya atau dalam hal ini orang yang bekerja.

“Buku ini hadir untuk menyingkat, meringankan, perjalanan Anda dalam menyiapkan, memulai, menjalani, hingga meningkatkan karier,” demikian tujuan buku ini diterbitkan.

Penulis menyusunnya dalam 4 bagian, yaitu :

1. Meneropong karir, menampilkan beragam diskusi menarik mulai dari jurusan yang dirasa tidak favorit hingga kesadaran positif tentang karir sejak dini, yakni di bangku pendidikan. Di bab ini, Anda mengetahui bahwa pentingnya merencanakan karir sejak sedini mungkin.

2. Gerbang Karir, berisi kompilasi diskusi yang menghadirkan pengalaman dan segudang pertanyaan dalam menghadapi proses seleksi masuk kerja. Walaupun biasanya Anda sudah tahu, namun proses wawancara atau persiapan melamar masih sering Anda tanyakan. Di bab ini Anda akan mengetahui tutorial persiapan untuk melamar kerja yang ideal.

3. Karir Ideal, menampilkan pelbagai pertanyaan menarik tentang esensi karir ideal, apakah dari gaji tinggi, perusahaan terkenal, kepuasaan personal, atau rekan kerja yang menyenangkan. Bab ini menggambarkan warna-warni dari pengembangan karir itu sendiri, apakah Anda memilih untuk berkarir sesuai passion Anda atau berdasarkan fokus yang lain. Apa saja permasalahan di karir Anda dan seberapa tangguh Anda menghadapinya.

4. Karir baru, tema terakhir ini mungkin dapat dianggap sebagai fase ‘advance’ karena berisi godaan dan gugatan ke dalam diri untuk bertahan di tempat kerja saat ini, atau pindah kerja hingga beralih profesi.

“Banyak yang beranggapan bahwa tujuan akhir gelar akademis adalah pekerjaan. Bila sekarang sudah bekerja, mengapa harus repot-repot sekolah lagi? Kalaupun niat ada, permasalahan berikutnya adalah soal biaya. Jangankan untuk kuliah, untuk kebutuhan hidup sehari-hari pun masih harus nombok!”.

Hal ini diutarakan langsung oleh karyawan yang terancam PHK dan bimbang akan melangkah ke mana. Perjalanan karir seseorang tidak selalu mulus dan lancar, ada yang mengalami kelokan dan langkah yang terjal, disanalah soft skill kita teruji.

Untuk itulah buku ini memberikan beberapa tips yang bermanfaat untuk memacu semangat Anda dalam berkarir. Dari tips meneropong karir, tips memulai karir, tips meraih karir ideal, hingga tips pindah karir. Semua tips itu terangkum dalam ‘100 rahasia karir sukses yang terbukti ilmiah’.

“Look for calling when it comes to work, menjalani pekerjaan yang merupakan panggilan hidup lebih mendatangkan kepuasan pada pekerjaan dan kehidupan Anda. Temukan makna karir Anda untuk hidup yang lebih memuaskan”. Cuplikan terakhir dari buku ini rasanya sangat bijak untuk kita dengarkan. Dan tidak usah berpanjang-panjang lagi, buku ini memang menarik untuk Anda baca dan miliki.

Tags: , , ,