Kisah 10 Ribu Rupiah yang Mengubah Dunia

Membacalah jika ingin menuai inspirasi…

Ada ribuan buku bertajuk motivasi yang beredar di pasaran, tetapi jika Anda adalah tipe orang yang tak terbantu dengan kata-kata motivator, maka bacalah buku ini. “Kisah Sepuluh Ribu yang Mengubah Hidupku” bukan buku motivasi, ini buku tentang inspirasi. Tepatnya adalah inspirasi yang diambil dari pengalaman Josef Bataona, Bapak panutan di bidang sumber daya manusia (SDM) yang sudah lebih dari 30 tahun berkarya di bidang ini. Berlabuh di Indofood Sukses Makmur sebagai Direktur HR kini, perjuangan Josef dimulai dari sebuah desa kecil bernama Lamalera, Pulau Lembata NTT. Dari sebuah pulau kecil yang begitu sulit diakses ketika tahun 70-an, Josef merantau ke Jakarta dengan bekal tekad kuat untuk mengubah nasibnya. Kesuksesan yang ia raih setelahnya pun berawal dari uang senilai sepuluh ribu rupiah yang sangat berharga.

Jakarta tahun 1973 adalah medan perjuangan bagi Josef Bataona. Kuliah di Jakarta bukan hal yang mudah bagi seorang perantau yang minim uang saku. Ia pun bekerja super keras dengan disiplin tinggi, melakukan apapun yang ia bisa termasuk meminjam fasilitas kantor untuk mengerjakan skripsinya. Hingga pada suatu waktu di mana perjuangan tersebut hampir saja pupus karena uang 10,000 rupiah yang kala itu bernilai cukup besar.  Namun, bukan Josef namanya jika bila ia menyerah. Sepuluh ribu itu kini jauh lebih berharga dari nilai nominalnya karena  telah mengantarkan Josef mencicipi posisi sebagai Direktur HR Unilever, Direktur HR Danamon dan Indofood.

Buku ini merangkum pengalaman hidup Josef Bataona dalam bentuk kumpulan cerita pendek. Di antara kisah-kisah tersebut, Josef juga menyisipkan kisah inspiratif dari tokoh-tokoh lain yang ia temui dalam perjalanan hidupnya. Kisah yang diangkat pun tak melulu dari orang yang punya jabatan bagus atau pengusaha sukses, beberapa di antaranya justru berasal dari seorang anak kecil yang tulus, seorang satpam hingga pemimpin hebat seperti Handry Satriago.

Disajikan dengan bahasa yang lugas dan enak dinikmati, buku ini sangat cocok untuk dibaca oleh mereka yang siap untuk berubah, menjadi lebih baik dari hari ke hari dengan tetap menjadi diri sendiri.

Baca juga: Kisah Sehari-hari yang Menginspirasi

Tags: ,