Go Global, Bangun Kualifikasi untuk Menjadi Warga Kelas Dunia

Menjelang hadirnya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) pada tahun ini, ini ada sebuah buku yang dapat memberikan panduan kepada para pemuda khususnya, yang baru mengawali karir.

Go Global, Guide to a Successful International Career ditulis Handi Kurniawan berdasarkan pengalaman pribadinya. Saat ini Handi adalah Global Human Resources Leader dan Founder East West Talent. Pengalaman kerja profesionalnya di GE, Citibank, Standard Chartered Bank, dan Sinarmas membawanya hidup dan bekerja di berbagai benua dan budaya.

Handi menulis bahwa dunia semakin terkoneksi, kompetisi terus meningkat, dan mereka yang mampu menangkap peluang, beradaptasi serta berkarya di dunia global inilah yang akan menjadi pemenang.

Go Global bukan berarti Anda harus pindah, tinggal, dan bekerja di luar negeri. Membina karier internasional juga bisa berarti Anda bekerja lintas wilayah negara atau berada di antara berbagai budaya internasional dalam suatu negara. Atau, memiliki kualifikasi yang setara sehingga dapat menjadi warga kelas dunia.

Berdasarkan pengalaman Handi, orang Indonesia tidaklah kalah dengan orang-orang bangsa lain. Ada beberapa kekurangan serta kelebihan kita dibanding warga negara lain di kancah internasional. Hal ini menjadi salah satu topik pembahasan buku ini.

Uniknya Handi menekankan pentingnya membangun mindset dulu di awal, sebagai persiapan dasar untuk go global. Sebelum bicara tentang aspek-aspek lain seperti budaya dan bahasa, yang paling penting untuk dipersiapkan adalah sikap mental dan attitude yang diperlukan untuk sukses.

Setelah memenuhi Bagian pertama buku dengan persiapan dasar tersebut, Handi banyak memberikan tips praktis untuk go global, seperti tempat memperoleh referensi untuk berkarir internasional, cara memahami konteks dan dinamika pergaulan global, serta bagaimana memantapkan persiapan go global tanpa meninggalkan akar budaya.

Pada bagian terakhir Handi memberikan contoh cerita inspiratif dari beberapa global citizen seperti Soekarno, Barack Obama, dan Oprah Winfrey.

 

Baca juga: PortalHR Summit, Langkah Kecil Menuju Talent Global

Tags: ,