Panduan Meraih Sukses Setelah PHK

Kehilangan pekerjaan tentu saja membuat siapa pun akan stress. Entah itu karena pemutusan hubungan kerja (PHK) ataupun pensiun, kehilangan pekerjaan berarti kehilangan sejumlah atau bahkan seluruh penghasilan yang menopang kehidupan selama ini.

Namun, jangan khawatir. Karena seperti kata buku ini: PHK Bukan Kiamat. Penulis Djoko Sungkono dan Franz Dirgantoro melalui buku ini mengajak para PHK-wan maupun pensiunan untuk bangkit dan meraih sukses. Tidak hanya sebatas spirit, buku ini sekaligus memberikan panduan lengkap akan banyaknya alternatif yang bisa dilakukan seseorang setelah kehilangan pekerjaan.

Tidak berhenti di sana, buku ini juga dilengkapi contoh kasus nyata tentang orang-orang yang telah kehilangan pekerjaan lalu mengawali karier baru ataupun menjadi pengusaha.

Tidak semua orang cocok menjadi pengusaha, karena itu penulis dengan bijak tidak memaksakan para pensiunan/PHK-wan menekuni bidang tertentu. Selain menawarkan banyak alternatif profesi yang bisa digeluti, penulis bahkan memberikan tes kepribadian dan beberapa kuis-kuis kecil sebagai panduan bagi pembacanya.

Masa PHK tidak jauh berbeda dengan putus cinta. Ketika memasuki masa PHK kita memasuki sebuah fase kehidupan baru yang berbeda dengan sebelumnya. Proses adaptasi pun bertahap dan berbeda-beda bagi setiap orang. Menarik bahwa penulis mengawali buku ini dengan panduan 4 Minggu Menuju Sukses Pasca Pensiun dan PHK.

Minggu 1: Stop Mengeluh, Just Do It.

Minggu 2: Pilih Melamar atau Memulai Sesuatu yang Baru?

Minggu 3: Proses Pengiriman

Minggu 4: Persiapan Wawancara atau Presentasi Bisnis

Dengan panduan yang lengkap seperti ini, boleh jadi PHK yang merupakan momok bagi sebagian besar orang bisa diubah menjadi anugerah?

Pilihannya ada di tangan kita. Apakah kita hanya diam saja dan membiarkan diri kita terbawa arus sungai yang deras hingga tenggelam, atau berusaha sekuat tenaga melepaskan beban lalu mencari pijakan baru agar tetap hidup dalam arus yang besar?

 

Tags: , ,