7 Orang yang Sukses Setelah Mengalami Kegagalan

steven

Kegagalan bukanlah suatu hal yang patut disesali. Justru dari poin penting dari kegagalan adalah seberapa kuat seseorang dapat bangkit dan kembali menata hidupnya. Kegagalan bukanlah hal yang bersifat permanen. Meskipun Anda sedang berada dalam titik terendah dalam hidup Anda, namun bukan berarti hal tersebut menutupi bakat ataupun potensi yang Anda miliki.

Banyak orang-orang sukses yang pernah mengalami kegagalan sebelumnya. Namun kegagalan yang mereka alami justru malah membuat mereka belajar untuk bangkit dan menghasilkan suatu hal yang lebih besar.

Berikut 7 (tujuh) tokoh terkenal yang pernah mengalami kegagalan namun mengalami sukses besar dalam karirnya.

stevenSteven Spielberg

  1. Steven Spielberg

Sudah banyak film yang dihasilkan oleh Spielberg. Jaws, Jurassic Park, E.T., Saving Private Ryan, dan berikutnya silahkan Anda yang sebutkan. Namun tahukah Anda bahwa ternyata Spielberg pernah ditolak sebanyak dua kali oleh University of Southern California’s School of Cinema Arts. Sepertinya University of Southern California merasa menyesal jika melihat hasil karya Spielberg sekarang.

Meskipun dua kali ditolak, Spielberg ternyata tidak dendam. Spielberg mendonasikan kekayaannya untuk sekolah tersebut. Ia bahkan mendapatkan gelar kehormatan pada tahun 1994.

Baca juga: 3 Pelajaran yang Bisa Diambil dari Kegagalan

annaAnna Wintour

  1. Anna Wintour

Siapa yang tidak mengenal editor-in-chief Vogue Magazine yang satu ini. Ternyata Wintour pernah dipecat karena tidak memahami pasar Amerika setelah sembilan bulan bekerja sebagai fashion editor di Harper’s Bazaar. Setelah itu Wintour pindah ke Viva dan hanya bertahan beberapa tahun. Namun tidak disangka berkat kerja kerasnya dalam berbagai terbitannya ia berhasi menjadi editor-in-chief di majalah bergengsi.

evanEvan Spiegel

  1. Evan Spiegel

Salah satu pembuat Snapchat ini telah menjadi miliarder termuda di dunia. Lima tahun lalu, Spiegel menghadapi kesulitan yang bertubi-tubi. Mulai dari diputuskan oleh pacarnya, dikhianati oleh temannya sampai hanya satu pengguna Snapchat, yaitu ibunya. Ketekunan ternyata dapat membuahkan hasil yang manis. Dengan usaha kerasnya, Spiegel berhasil menjadi miliarder termuda di dunia.

arianaArianna Huffington

  1. Arianna Huffington

Buku kedua Huffington ditolak oleh 36 penerbit. Ketika ia mencoba mencalonkan diri menjadi gubernur California, dia hanya mendapatkan hasil voting sebesar 0.55%. Meskipun begitu Huffington tidak berkecil hati. Hal ini dapat Anda lihat dari kesuksesan The Huffington Post. Selain itu sampai saat ini Huffington sudah menerbitkan 13 buku.

craigCraig Newmark

  1. Craig Newmark

Newmark, yang membuat Craigslist, ternyata menghancurkan sendiri karir yang dibangunnya ketika bekerja di IBM Detroit. Newmark kehilangan kesabarannya dalam menghadapi klien dan langsung membuat image yang dimilikinya buruk. Newmark lalu pindah ke Charles Schwab dan ternyata image yang didapatkan masih melekat dan ia dikatakan tidak cocok sebagai seorang manager. Lalu Newmark memutuskan untuk berpindah jabatan sebagai customer service. Newmark mampu mengetahui kelemahan yang dimilikinya dan belajar untuk menghadapi kelemahannya.

Baca juga: Belajar Berdamai dengan Kegagalan dari Seorang Inovator 

conanConan O’Brien

  1. Conan O’Brien

Baru beberapa bulan menjadi host dalam acara The Tonight Show, kru NBC kemudian memutuskan untuk mengembalikan posisi host tersebut pada Jay Leno. Merasa kebingungan dengan apa yang terjadi, O’Brien pun berdiam diri di rumah memikirkan apa kesalahan yang ia lakukan sampai ia tidak dipercaya lagi untuk memandu acara tersebut. Sampai akhirnya ia memutuskan untuk  berpartisipasi dalam tur komedi nasional. Tidak disangka, tur tersebut cukup menarik animo masyarakat dan kurang dari satu tahun kemudian, O’Brien kemudian dipercaya sebagai host Conan di TBS.

brian

Brian Chesky

joe

Joe Gebbia

  1. Brian Chesky dan Joe Gebbia

Peluncuran besar-besaran belum menjadi jaminan bahwa hal tersebut akan menarik banyak peminat. Hal itulah yang dialami para pembuat Airbnb, Chesky dan Gebbia. Respon pasar yang di luar harapan membuat Chesky dan Gebbia harus bertahan hidup dengan hutang puluhan dollar. Namun mereka tidak menyerah meskipun hanya makan sereal setiap harinya. Satu tahun kemudian Airbnb kemudian diterima oleh salah satu startup incubator ternama Y Combinator. Berkat kegigihan mereka, Airbnb kemudian berhasil menarik perhatian banyak orang. (*)