OTPA, Aplikasi Pemantau Talent dari Oracle

Oracle HR Resources Analytics (1)

Oracle HR Resources Analytics (1)

Praktisi Human Resources sehari-hari menghadapi banyak data, sehingga semakin dirasa perlu untuk pengelolaan big data. Data yang terus bertumbuh dan bertambah banyak, memerlukan manajemen yang tepat sehingga sebagai praktisi HR belakangan ini pun mulai mengkaji tools atau aplikasi yang dapat membantu pekerjaan mereka dalam hal ini.

Oracle belum lama ini memperkenalkan inovasi terbaru dalam analisa data talent. Salah satu tools tersebut, yakni Oracle Talent Profile Analytics (OTPA)  merupakan modul baru tentang Human Resources Analytics untuk mengembangkan dan mempertahankan tenaga kerja terampil.

Di dalam OTPA yang baru ini perusahaan dapat mengolah sumber perekrutan calon pekerja potensial. Modul ini membantu manajer SDM dan manajer bisnis menilai kemampuan calon pekerja dan mengembangkan pemimpin potensial dengan memberikan wawasan yang lebih luas ke dalam profil pekerjaan, keterampilan pegawai dan tingkat kompetensi.

Oracle mengklaim bahwa dalam OTPA metrik kinerja kunci sudah dirancang dan menggunakan kemampuan visualisasi data yang canggih, termasuk matriks kinerja potensial 9 kotak, juga dimasukkan untuk memberikan wawasan dan membantu bagian SDM maupun para manajer menyelaraskan antara kebutuhan manajemen calon pekerja dan strateginya dengan target bisnis perusahaan.

Menurut Paul Rodwick, Wakil Presiden Manajemen Produk Oracle, OTPA membantu para manajer mengidentifikasi keterampilan yang harus ada dan menilai kemampuan calon pekerja yang dibutuhkan untuk memilih pekerja yang tepat di posisi yang tepat, membentuk kompetensi perusahaan dan membantu dalam mengembangkan pemimpin potensial yang dibutuhkan untuk memenuhi target bisnis perusahaan.

“Kami menyediakan platform penting untuk menemukan dan menganalisa wawasan tingkat perusahaan dan tingkat bisnis, dengan perkembangan terkini yang dapat menghemat waktu serta kerumitan proses, guna mencapai keunggulan kompetitif melalui data,” klaim Paul.

Dengan menggunakan OTPA, para manajer bisa melakukan analisa mengenai kurangnya keterampilan dan pengetahuan, memperbaiki sistem perekrutan, membuat program pelatihan untuk memaksimalkan keberhasilan pegawai, serta mendapatkan visibilitas untuk membantu penilaian kebutuhan yang berhubungan dengan suksesi dan omset. OTPA sendiri memiliki konektor yang terintegrasi dengan Oracle’s PeopleSoft untuk melakukan penempatan yang lebih cepat dengan biaya lebih rendah. (*)

Tags: , , , ,