Nasihat bagi Para Trainer, Saatnya Go Digital

bob pike

Inovasi dalam hal teknologi telah mengubah banyak hal dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan kecil semacam menyusun agenda, membuat catatan, membaca buku dilakukan dengan menggunakan device digital seperti handphone atau tablet.

Dunia digital juga sudah mengubah cara orang melakukan bisnis. Promosi produk, jenis produk dan transaksi semua bisa dilakukan dengan cara online. Tidak hanya untuk produk yang tangible, yang intangible seperti bursa ide juga dilakukan melalui internet.

Dilansir dari bobpikegroup.com, pengunaan teknologi semacam ini juga diimplementasikan dalam dunia Human Resource (HR), salah satunya bagi para trainer. Selayaknya sales person yang selalu mencari peluang dibalik teknologi internet, hal yang sama juga dapat dilakukan oleh para trainer. Dalam berhubungan dengan calon peserta training atau peserta, mereka dapat memanfaatkan internet sebagai jalur komunikasi.

bob pike

Berikut adalah tiga hal yang dapat dilakukan oleh trainer sebagai contoh pemanfaatan dari teknologi internet menurut Bob Pike:

1. Gunakan voicemail untuk mengirimkan informasi kepada peserta training. Isinya bisa beragam, bisa berupa reminder tentang materi training atau tips-tips sederhana tentang bagaimana mengimpelentasikan teori ke dalam kerja sehari-hari. Kirim pesan-pesan tersebut setelah jam kerja sehingga setelah mereka bersantai setelah kerja, suara tersebut telah ada di voicemail mereka. Mereka bisa memperdengarkan rekaman tersebut berkali-kali karena tersimpan dalam memori device.

2. Jika kita ingin tetap terhubung dengan peserta, misalnya setelah selesai suatu sesi dan kita ingin mem-follow up, kita bisa mengirimkan email blast dengan subjek, “Perlukah kita bertemu lagi Selasa jam 2pm?” Kita juga bisa bertemu dengan trainee dan managernya sekaligus untuk mendapatkan respon yang lebih cepat. Jika memang kita berada dalam satu kantor dengan orang yang kita training, maka kita langsung bisa mengundang meeting melalui outlook dan menjadwalkan meeting tersebut melalui doodle.com atau timetomeet.info.

3. Seorang trainer juga dapat menuliskan testimoni kecil atau saran, baik itu dalam email atau bahkan tulisan tangan yang kemudian dikirim melalui email untuk sekedar terhubung dengan peserta atau memberikan semangat. Adanya gelombang teknologi pada saat ini, kadang membuat orang lupa cara berkomunikasi yang tradisional. Trainer dapat mengambil peluang dari hal tersebut.

Bagi seorang trainer, membuat orang-orang yang ada dalam kontak kita terus-menerus belajar adalah sebuah investasi. Dengan terus terhubung dengan mereka, kita telah memberikan semangat bagi mereka untuk terus belajar. (*/@yunitew)

Ikuti Delegasi Indonesia, Singapura dan Malaysia ke ASTD International Conference & Exposition 2014, dan dapatkan harga khusus, serta Special Session bersama Bob Pike.

Klik di sini: ASTD International Conference & Exposition 2014 – Ikuti Delegasi Indonesia!

Tags: ,