Mobile Apps ala Owlexa Healthcare, Solusi Jitu Kelola Medical Expenses

status klaim

Di tengah maraknya persaingan bisnis yang berimbas kepada perebutan talent terbaik yang ada di pasar bahkan yang sudah ada di dalam organisasi, maka strategi membuat karyawan makin engage pun menjadi penting. Di antara banyak ragam bagaimana cara membuat agar SDM terbaik tidak keluar organisasi, salah satunya adalah pemberian fasilitas kesehatan bagi karyawan untuk memberikan kenyamanan dalam bekerja dan ujungnya meningkatkan produktifitas karyawan itu sendiri.

1 Yosi Widhayanti_Owlexa Healthcare_Lintasarta

“If you take care of your employee, they will take care of your business,” inilah motivational quote dari Richard Branson, Founder of Virgin Group, yang dikutip oleh Yosi Widhayanti, Senior VP Owlexa Healthcare (Lintasarta Group) dalam sebuah event Compensation and Benefit Day’s di Jakarta beberapa waktu lalu. Yosi menekankan bahwa harus ada keselarasan dari apa yang dilihat oleh karyawan terhadap perusahaannya dan bagaimana manajemen perusahaan memiliki mindset yang sama untuk memberikan prioritas layanan atau benefit terbaik apa yang bisa diberikan kepada para karyawannya.

“Perusahaan harus yakin bahwa seiring dengan majunya usaha atau bisnis perusahaan itu tidak pernah lepas dari kontribusi para karyawa, dan sudah seharusnya perusahaan mulai serius memikirkan imbalan balik apa yang terbaik dan dibutuhkan oleh para karyawannya,” tutur Yosi. Ia pun menyebutkan beberapa kiat yang dilakukan di beberapa organisasi di antaranya, misalnya kebijakan meal breaks, pay raise, paid vacation, maupun social security. Yosi berujar, “Salah satu dari strategi-strategi tersebut, satu yang cukup penting adalah memberikan benefit kepada karyawan di bidang kesehatan.”

Yosi lantas menjelaskan setidaknya ada 8 (delapan) alasan bagaimana perusahaan bisa mengambil keuntungan manfaat kesehatan karyawan ini. Di antaranya; 1) mengurangi ketidakhadiran karena alasan sakit; 2) menghemat biaya karena terhindar dari pos biaya sakitnya si karyawan, 3) bisa meningkatkan kepuasan kerja, 4) memperkuat hubungan baik dengan karyawan, 5) yang cukup penting adalah membantu perusahaan mempertahankan karyawan terbaik. “Seandainya ada tawaran dari perusahaan lain, karyawan akan bisa mempertimbangkan apakah fasilitas kesehatan yang ditawarkan lebih baik dari perusahaan sebelumnya, apakah untuk urusan kesehatan dijamin semuanya, hanya sebagian, atau malah tidak ada sama sekali, sehingga ia bisa memutuskan apakah pindah atau stay,” terang Yosi.

Manfaat selanjutnya menurut Yosi adalah; 6) bisa memberikan kenyamanan, di mana saat ada karyawan sakit maka ia akan tenang karena sudah ada jaminan pasti dari perusahaannya. Manfaat ke-7, adalah bisa memberikan contoh yang baik, ini bisa menekankan bahwa suatu perusahaan memiliki value yang jelas dalam hal memperhatikan kesehatan karyawannya, membuat karyawan merasa nyaman menjadi penting bagi perusahaan. “Dan terakhir ke-8 yakni dengan memberikan layanan kesehatan diharapkan bisa meningkatkan produktifitas karyawan,” imbuh Yosi.

Next: Tantangan Perusahaan Kelola Medical Exprenses