Merekrut via QR Code, Kenapa Tidak?

QR Code portalhr

SEIRING dengan perkembangan jaman yang serba berhubungan dengan internet yang canggih, mau tak mau membawa perubahan bagi praktek HR. Khususnya dalam hal rekrutmen. Anda tentu tidak sedang membayangkan, bahwa cara-cara klasik dalam hal merekrut masih tetap dipertahankan dalam bersaing di pasar tenaga kerja bukan?

Tengoklah, sekeliling Anda banyak sekali anak-anak muda yang hidup dengan dunianya masing-masing. Mereka ini begitu asyik dengan gadgetnya. Meski begitu, jangan anggap remeh mereka ini. Gen-Y yang identik dengan kelompok pengadopsi teknologi paling cepat ini, harus diakui akan menjadi tim suksesi di perusahaan Anda masing-masing.

Persoalannya, mendekati para kandidat model sekarang ini tentu jauh lebih sulit. Selain karena memang persaingan yang ketat (talent war), juga karena para Gen-Y ini memiliki behavior yang unik, bahkan nyeleneh. Dalam sebuah survei, Gen-Y ini mengidamkan perusahaan yang bisa memberikan kebebasan atau kelonggaran waktu kepada karyawannya, agar mereka senantiasa bisa terhubung dengan dunia luar. Bahkan, mereka ini rela digaji kecil asal diperbolehkan memiliki akses internet.

Jika Anda adalah seorang pemimpin divisi khusus rekrutmen, Anda harus terus-menerus mencari tren merekrut yang baru. Salah satunya adalah QR Code.

QR Code adalah barcode generasi kedua yang memungkinkan calon potensial untuk dengan cepat dan langsung mengakses bahan pendukung dan situs hanya menggunakan sebuah smartphone yang dilengkapi kamera. QR Code, seperti Anda pasti sudah pernah melihat adalah simbol berbentuk persegi yang terlihat sedikit seperti labirin dalam iklan, di billboard, maupun poster-poster.

QR Code memiliki banyak kegunaan, tetapi yang paling sering digunakan, dan inilah yang akan didesain untuk sasaran langsung ke konten online yang tidak dapat dengan mudah disampaikan di media cetak. Anda bisa saja memberikan URL yang dicetak, tetapi jika Anda pernah mencoba untuk memasukkan URL yang panjang menjadi mobile browser, kemungkinan Anda tidak akan melakukannya lagi. Anda harus mempertimbangkan orang yang malas mengingat.

QR Code ini dapat menjadikan mekanisme komunikasi yang kuat karena mereka dapat mengambil calon langsung ke informasi merekrut disesuaikan tambahan yang mungkin termasuk sebuah situs web, gambar, video, informasi naratif, atau tombol langsung ke Twitter atau Facebook. Organisasi yang telah memimpin dalam menggunakan kode QR untuk merekrut termasuk Google, US Army, E & Y, AT & T, Siemens, dan Pepsi.

QR Code idealnya dirancang untuk mendukung para pengguna ponsel smartphone. Karena pengguna smartphone yang seolah tidak pernah lepas dari gadgetnya, akan menjadi platform pilihan untuk kegiatan perekrutan. Apalagi smartphone yang beredar di pasaran, termasuk yang berbasis Android dengan mudah menjadikan ponselnya sebagai scanner barcode.

Bayangkan, calon potensial Anda bisa saja tengah berada di kereta, minibus, busway, pesawat terbang, kapal laut, sedang membaca koran, atau sedang berjalan-jalan. Ketika mereka melihat QR Code Anda, dengan hanya menekan tombol shortcut yang ada di ponsel pintarnya, mereka dengan cepat bisa digiring masuk ke area yang kita inginkan, atau langsung menindaklanjuti informasi termasuk mengirim aplikasi pekerjaan.

Apalagi, jika upaya merekrut adalah dalam rangka mencoba untuk memamerkan inovasi perusahaan Anda atau adopsi penggunaan teknologi, penggunaan kode ini dapat membantu memperkuat pesan tersebut. QR Code, dapat secara dramatis meningkatkan nilai dan kegunaan dari iklan cetak, billboard, poster, kartu nama, dan brosur.

Para mahasiswa di kampus bisa menjadi studi kasus yang menarik. Lihat, mereka ini sangat tergantung dengan telepon selulernya, dan untuk bisa memikat hati para intelektual muda ini, maka QR Code perusahaan Anda pun harus tertanam ke dalam semua aspek rekrutmen yang ada di perguruan tinggi.

Kode-kode ini juga sangat kuat karena mereka dengan mudah memungkinkan untuk analisis pelacakan efektif yang dapat mengidentifikasi sumber dan tingkat penggunaan. Selain itu, QR Code dapat diproduksi secara gratis dan karena bentuknya yang begitu kecil, jelas akan menghemat ruang dan biaya iklan.

Ingat, target kandidat yang Anda incar sekarang ini memiliki lifestyle yang jauh berbeda. Kalau sudah begini, apakah Anda sudah siap menggunakan QR Code? You decide. (rudi@portalhr.com/@erkoes)

Tags: , , , ,