Memberikan Dampak yang Semakin Sempurna Untuk Koorporat

Saat ini para profesional maupun pengembang TI di penjuru dunia telah menggunakan program terbaru dari Microsoft. Yaitu, Windows Server 2008, Microsoft Visual Studio 2008 dan Micrsoft SQL Servers 2008. Program ini bisa dikatakan lebih aman dan lebih canggih dalam pengimplementasiannya. Terbukti, industri perbankan dan keuangan telah menggunakan program ini dalam pengaturan sistem filenya. Diantaranya, PT. Bank Central Asia Tbk, PT. Bank Mandiri Tbk dan PT Allianz Utama Indonesia.

“Seperti BCA, merupakan pengguna awal Windows Server 2008 yang terbesar di dunia, dikarenakan teknologi ini dapat digunakan untuk Branch Delivery System yang bisa mendukung jumlah cabangnya yang berjumlah 800 di seluruh Indonesia. Di mana dapat membantu di bidang keamanan dan dapat membantu memproteksi seluruh cabangnya tersebut,” papar Adrian Anwar selaku Business Group Manager PT. Microsoft Indonesia.

Selain itu Adrian pun menambahkan, Bank Mandiri menggunakan program Windows Server 2008 guna mengatur sistem file transfer, kontrol serta memonitoring cabangnya di seluruh Indonesia. Dengan menggunakan software ini, Bank Mandiri mengalami pertumbuhan 2,5 kali lipat dan pada kapasitas yang sama dapat mengambil alih proses yang lebih besar 3 kali lipat.

Hal senada juga dilakukan PT Allianz Utama Indonesia, yang mana software tersebut digunakan untuk Centralized Application Access. Untuk jelasnya, program ini diyakini Allianz dapat memberi pelayanan lebih cepat kepada pelanggan, sehingga perannya dapat mempermudah staff Allianz dalam mengakses aplikasi-aplikasi dari mana saja dan kapan saja. Dengan demikian, hal ini memberikan nilai tambah untuk Allianz karena bisa mempercepat waktu delivery ke pelanggannya.

Ternyata bukan hanya industri perbankan saja yang telah menggunakan software dari Microsoft ini. Perusahaan tambang emas terbesar di Indonesia, yaitu PT Freeport Indonesia juga menjadi pengguna Windows Server 2008. Alasan perusahaan ini menggunakan program tersebut dikarenakan, mobilitas para staf maupun pimpinan cukup tinggi, sehingga dapat diringkas perusahaan tersebut membutuhkan kordinasi yang solid. Sebab itu, diperlukan sebuah tools yang dapat menghire dalam mengontrol status pengembangan aplikasi secara akurat melalui device apapun yang dapat diakses dari manapun.

Sebagai contoh, PT Freeport Indonesia memutuskan untuk menggunakan Visual studio Team System sejak versi 2005 hingga versi terbaru yaitu Visual Studio Team System 2008 yang didukung oleh platform DELL. Dalam platform itu ada tiga fitur utama, yakni Team model, Process Model and Infrastructure Tools yang sangat membantu kerjasama tim pengembang di perusahaan ini.

Pada masa uji cobanya saja, PT Freeport telah berhasil meningkatkan produktifitas tim pengembang mencapai 20 persen dibandingan versi 2005. Al hasil, program ini sangat membantu kinerja tim pengembang, sehingga proyeksinya itu akan menghasilkan aplikasi-aplikasi yang lebih baik.

Tak menampik, perusahan yang bergerak pada etalase online barang-barang TI yaitu Bhinneka.com juga melakukan penguji cobaan pada program terbaru dari Microsoft ini. Software ini digunakannya untuk mendapatkan zero downtime, mengingat bisnis online dituntut harus up time. Selain itu, Bhinneka.com juga ingin mengujicobakan server produksi mereka yang ternyata dapat menjalankan Windows Server 2008 dengan baik.

Selidik punya selidik, ternyata Windows Server 2008 tidak hanya diadopsi perusahaan-perusahaan. Program ini juga merambah pada organisasi nirlaba, seperti Palang Merah Indonesia atau yang biasa disebut dengan PMI. PMI menggunakan program ini untuk mengupdate data-data yang cepat serta akurat ke kantor pusat atau ke kantor cabang PMI terdekat. Hal ini diandaikan, bilamana terjadi suatu bencana para relawan PMI dapat melakukan pengkoreksian data korban dengan cepat. Pasalnya, pekerjaan mereka dituntut harus cepat dan akurat.

Dengan adanya dukungan dari Windows Server 2008 yang digunakn sebagai platform sistem komunikasi di PMI sangat membantu organisasi dan menciptakan komunikasi yang lebih cepat, akurat dan efektif. Selain itu juga, PMI dapat menghemat 75 persen anggaran untuk operasional kantor (ATK). “Program ini sangat membantu sekali dalam meningkatkan efektifitas bantuan, karena sangat berbeda sekali bila dibandingan dengan sistem lama. Dengan Windows Server 2008, komunikasi PMI dalam perealisasiannya menjadi lebih efektif,” jelas Andrea Pahlevi, selaku Manager TI di PMI.

Kunggulan dari software terbaru Microsoft
Produk ini lahir untuk meggerakkan aplikasi web generasi mendatang, membantu para konsumen dalam membuat keputusan bisnis yang lebih cerdas dan mengintegrasikan teknologi-teknologi baru, seperti virtualisasi yang memungkinkan para pelanggan menekan biaya dan mengembalikan penghematan tersebut untuk kegiatan bisnis mereka. Ketiga software ini menyediakan platform untuk infrastruktur TI dan platform aplikasi yang dapat beradaptasi secara mudah dengan kondisi bisnis yang tengah berubah-sebuah prakarsa yang Microsoft sebut sebagai dynamic IT.

Budi Wahyu Jati selaku Country Manager Intel Indonesia Corporation mencontohkan pada perusahaannya. “Sekarang perusahaan dapat meraih keuntungan ganda dengan menggunakan windows server 2008 pada prosesor Intel Xeon Quad Core terbaru dan platform prosesor Intel Itanium Dual Core, “ ujarnya.

Ia pun melanjutkan,” kinerja headroom dan teknologi inovatif dari server yang berbasis Intel Xeon ini akan meningkatkan tenaga windows server 2008 untuk web, Virtualisasi dan solusi perusahaan. Secara keseluruhan, Windows Server 2008 dan processor server berbasis intel memungkinkan perusahaan-perusahaan untuk mengembangkan solusi komputasi menjadi lebih efisien sekaligus membantu menjaga agar pusat data tetap dingin dengan ketangkasan TCO yang lebih baik.”