Industri HRIS akan Meningkat 20% Tahun Depan

Industri perangkat lunak HR (HRIS) adalah salah satu pasar yang paling dinamis dan inovatif dalam teknologi belakangan ini. Pasar untuk sistem talent management (software untuk rekrutmen, performance, manajemen suksesi, manajemen pembelajaran, kompensasi dan lain-lain) di Amerika diperkirakan melebihi 4 milyar dolar pada tahun ini, dan tahun depan diperkirakan akan bertumbuh lebih dari 20%. Demikian informasi yang disampaikan Josh Bersin, Principal and Founder, Bersin by Deloitte pada blognya di Linkedin.

Bersin memperkirakan, pasar untuk perangkat lunak inti HRMS malah jauh lebih besar, mencapai lebih dari 12 milyar dolar AS, dan akan bertumbuh sama pesatnya. Di dalam pasar ini ada yang disebut Bersin “sub-market” untuk berbagai perangkat. Misalnya applicant tracking system (ATS), candidate relationship management systems, social rewards systems, dan masih banyak lagi.

Di area rekrutmen sendiri, perusahaan menghabiskan lebih dari 3.500 dolar AS per tahun untuk rata-rata satu perekrutan, dan harga yang harus dibayar untuk salah rekrutmen akan jauh lebih besar. Karena itulah, Bersin memperkirakan pasar yang akan sangat berkembang adalah pasar untuk menelusuri background pelamar (ATS).

Sistem ini diawali dengan perangkat scanning resume kandidat yang masuk. Sistem ini mengumpulkan resume dalam database, membuat index dan memberi perekrut tampilan online para kandidat. Perkembangan teknologi membuat alat-alat ini bekerja dengan semakin baik dalam mengidentifikasikan nama, histori pekerjaan, pendidikan, dan lain-lain.

Perangkat lunak seperti ini sudah ada sejak awal 1990, disediakan oleh perusahaan seperti Taleo, Vurv, VirtualEdge. Sejak itu industri ini terus berkembang, saat ini diperkirakan 60% dari seluruh perusahaan memiliki sistem dalam berbagai variasi untuk ATS. Pemain pada masa ini seperti Oracle, SAP, SuccessFactors, ADP, dan masih banyak lagi penyedia software HR yang lain. Bahkan ada sistem ATS yang “gratis” seperti disediakan SmartRecruiters.

Semakin banyak pilihan untuk para praktisi HR karena itu Anda harus pintar-pintar dalam memilih perangkat lunak ini. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan, serta yang paling up to date dengan kondisi bisnis saat ini. Saat ini perangkat lunak untuk perekrutan tidak cukup hanya menelusuri resume kandidat tetapi kalau bisa juga mendata informasi-informasi lainnya yang diberikan kandidat melalui jejaring sosial.

zp8497586rq
Tags: