Eksplorasi Google untuk Pekerjaan dan Media Sosial

Banyak hal bisa dilakukan oleh Google. Ini membuat bekerja bisa lebih optimal dan lebih menyenangkan. Tak percaya?

Sejak pertama keluar, hampir semua orang jatuh hati kepada Google. Seiring dengan perkembangannya, Google tak pernah berhenti berkreasi mewujudkan visi-misinya untuk mengumpulkan segala informasi di seluruh dunia, membagikannya dan memberikan nilai tambah, yakni pengalaman berselancar yang menyenangkan.

Sebut saja ‘produk utama’-nya, mesin pencari Google, sudah menjadi bookmark favorit para onliner, jauh mengalahkan pendahulunya, Yahoo. Gmail pun menjadi email yang powerful untuk bekerja karena terkoneksi dengan banyak fitur yang sangat menunjang. Salah satunya adalah Google Docs. Google Docs menjadi solusi jitu bagi orang yang sering lupa menaruh flash disk sembarangan.

Seperti diketahui, flash disk saat ini sudah seperti barang wajib yang tidak boleh ketinggalan, selain dompet dan hanphone tentunya. Kita menaruh kepercayaan yang tinggi pada flash disk sehingga semua dokumen kita taruh tanpa kecurigaan apa pun. Tapi yang namanya ‘kecelakaan’ kecil sering terjadi.

Kita baru ingat flash disk masih tertancap di komputer rumah ketika sudah sampai di kantor, demikian pula sebaliknya. Ada lagi, ketinggalan di saku celana atau baju dan kita lupa memindahkannya ke tas kerja.

Tentu terbayang, bagaimana kita pontang-panting mencari. Saat dibutuhkan, benda kecil berisi dokumendokumen berharga itu ternyata tidak ada di tempatnya. Nah, Google Docs menjawab semua kekhawatiran tersebut. Pekerjaan-pekerjaan yang menggunakan word, excell maupun materi presentasi bisa ditangani dengan mudah. Prosesnya pun tidak sulit. Toh, jika kita tidak biasa menggunakannya, paling tidak Google Docs berperan sebagai media penyimpan, yang anti lupa seperti halnya flash disk tadi.

Yang diperlukan hanyalah kebiasaan menggunakannya dan membuat back-up data kita secara online. Merekam data secara offline lewat flash disk tetap diperlukan dengan alasan kepraktisan, sementara sebagai pelengkap Google Docs menyempurnakan pekerjaan kita melalui penyimpanan secara online. Sehingga, kalau sampai terjadi ‘kecelakaan’ kecil seperti di atas, data-data yang sudah dikerjakan tadi tinggal dipanggil secara online.

Lantas, bagaimana caranya? Inilah hebatnya Google. Semua yang kita tanyakan itu ada di situ. Kok bisa? Ya, dengan hanya mengetik kata kunci yang diinginkan, misalnya ‘cara membuat Google Docs’, dalam hitungan detik, apalagi kalau koneksi internetnya super cepat, semua informasi tersaji di layar komputer dengan segera. Tinggal klik, dibaca dan diikuti tutorial gratis, selesai sudah.

Bukan Google memang, kalau tidak ada inovasiinovasi. Meski sudah cukup lama dirilis, iGoogle masih direkomendasikan dan layak untuk dicoba. Di era media sosial, di saat dunia semakin datar, gadget cenderung untuk merapat dan terkoneksi. Nah, iGoogle bertugas untuk itu. iGoogle menawarkan banyak kemudahan dalam sebuah layar yang multi-fungsi, gadget sosial, ngobrol, gadget layar penuh, dan bilah navigasi di sisi kiri.

Dalam tur fitur iGoogle, gadget sosial memungkinkan Anda berbagi informasi dan memainkan permainan dengan teman. Tentu ini menjadi ‘obat stres’ saat jenuh melanda pekerjaan.

Anda dapat memastikan sebuah gadget sosial jika melihat ikon sosial di sudut kanan atasnya. Klik ikon untuk melihat setelan gadget sosial. Gambar pada ikon akan muncul di dalam batas saat opsi sosial diaktifkan. Untuk berbagi gadget sosial dengan teman Anda, gunakan panah tarik-turun dan klik ’bagikan gadget ini’.

Bagi yang senang chatting, iGoogle juga memahaminya. Jika Anda pernah ngobrol di iGoogle atau menggunakan Gmail, kemungkinan Anda sudah memiliki beberapa orang dalam daftar Kenalan Google. Jika Anda mengklik tautan Teman di bilah sisi kiri dari iGoogle, Anda dapat menambahkan teman ke grup Teman. Menariknya, kenalan dapat dimasukkan ke dan dikeluarkan dari grup ini kapan saja, dan hanya sekelompok orang ini yang dapat melihat pemutakhiran Anda dan dengan kelompok ini juga Anda dapat berbagi aktivitas gadget sosial.

Anda juga dapat melihat pemutakhiran atau aktivitas gadget sosial orang lain hanya jika orang itu telah disertakan dalam grup Teman Anda. Anda dapat menyusun grup teman seperti yang Anda mau. Mereka tidak akan mendapatkan informasi kecuali Anda berbagi gadget atau konten dengan mereka secara khusus.

Saling berinteraksi melalui iGoogle tentu men-jadi pengalaman yang menyenangkan. Fitur ngobrol iGoogle, terletak di bilah navigasi sisi kiri, memungkinkan Anda ngobrol dengan teman dan keluarga langsung dari ber-anda. Jika Anda pengguna Gmail, daftar ngobrol Anda akan dimutakhirkan secara otomatis dengan semua teman ngobrol dari Gmail. Jika Anda pengguna baru fitur ngobrol atau bukan pengguna Gmail, Anda dapat menambahkan dengan mudah teman yang ingin Anda ajak ngobrol dengan mengklik tautan ’Tambahkan teman’. Google dengan cekatan akan segera mengirimi mereka undangan untuk menjadi teman ngobrol Anda pada iGoogle. Jika Anda tidak menginginkannya, cukup pilih ’Keluar fitur ngobrol’ di menu di samping status.

‘Mengintip’ kini menjadi aktivitas yang disenangi oleh semua orang. Entah itu mengintip status di Facebook, beragam aktivitas teman via Twitter, maupun mencoba memahami pemikiran teman atau kenalan melalui Blog. Nah, apa yang direncanakan teman Anda di iGoogle? Mengklik tautan Pemutakhiran di bilah sisi kiri menunjukkan kepada Anda umpan dari aktivitas yang telah Anda dan teman Anda bagi melalui gadget sosial pada laman iGoogle mereka. Pemutakhiran muncul secara otomatis jika Anda masuk ke Akun Google dan memiliki teman yang menggunakan gadget sosial pada iGoogle. Anda dapat mematikan pemutakhiran gadget dengan masuk ke setelan gadget.

Kecepatan juga menjadi concern Google melalui fitur-fiturnya. Dan, iGoogle merupakan alat bantu akses cepat dan sekilas ke informasi yang Anda cari. Meski terkadang pemutakhiran cepat belum tentu fitur yang Anda cari, Google telah membuat sebuah fitur yang memungkinkan Anda memperluas gadget ke layar penuh, atau “tampilan kanvas”, dan merasakan konten yang jauh lebih banyak dan lebih kaya. Misalnya, Anda dapat memeriksa email dengan cepat di gadget Gmail, atau membuka dengan tampilan kanvas untuk membuat dan menjawab email dari dalam iGoogle. Anda dapat memeriksa temperatur di gadget cuaca atau meluaskannya untuk mendapatkan ramalan mendetail bagi perjalanan di akhir pekan. Ketika Anda dapat menonton video, memainkan permainan, dan menggunakan berbagai aplikasi yang lebih kaya, semua dalam layar penuh, dan itu bisa dilakukan dari dalam iGoogle.

Selaras dengan filosofinya, “bekerja harusnya menantang dan tantangan itu harusnya menyenangkan”, Google memang tidak ada matinya. Menariknya, semua yang tersaji ini bisa Anda miliki dengan sebuah kunci sederhana: memiliki akun di Google. Sesederhana itu. Nah, Anda tinggal mengeskplorasinya sendiri. Jika Anda kesulitan, Anda tidak sendiri. Setidaknya ada ‘Om Google’.