Survey Glassdoor: Pekerja Lebih Butuh Pelatihan daripada Sekolah Lagi

“Mana yang lebih penting? Gelar atau pengalaman?” Pertanyaan seperti itu mungkin sudah sangat sering Anda dengar. Penelitian terkait hal tersebut pun sudah banyak dilakukan. Salah satunya adalah survey yang dilakukan Glassdoor dan Harris Interactive, selaku peneliti pasar.

Glassdoor dan Harris Interactive melakukan survey terhadap 1.000 orang pekerja di Amerika Serikat, terkait pendapat mereka mengenai gelar pendidikan. Hasilnya, sebagian besar responden, yakni sebesar 82% menyatakan bahwa gelar sarjana mereka dapat membantu mereka meningkatkan karir. Lalu, ketika ditanya mengenai kemampuan yang perlu mereka miliki terkait pekerjaan mereka, sebanyak 72% menyatakan bahwa mereka lebih menghargai pelatihan khusus dibandingkan untuk kuliah lagi agar mendapatkan gelar.

Baca juga: Penyelarasan Pendidikan dan Dunia Kerja Jadi Fokus Penting

Selain itu, sebanyak 63% responden meyakini bahwa cara-cara tradisional untuk mempelajari kemampuan baru, seperti program yang bersertifikasi, bootcamps, webinar, ataupun kursus online, dapat membantu mereka untuk memiliki gaji yang lebih tinggi.

Terakhir, sebanyak 3 dari 4 karyawan mengharapkan bahwa pengalaman kerja dan kemampuan yang dibutuhkan dalam pekerjaan, tidak hanya sekedar jenjang pendidikan, dapat membantu mereka mendapatkan pekerjaan.

Hasil ini diambil berdasarkan survey yang dilakukan Glassdoor mengenai kepercayaan diri pekerja. Survey ini dilakukan melalui empat indicator kepercayaan diri, yaitu salary expectations, job market optimism/re-hire probability, job security dan business outlook optimism. 

Secara keseluruhan, kepercayaan diri para pekerja menurun sedikit jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Berikut pemaparannya.

–          Sebanyak 37% responden mengharapkan kenaikan gaji dalam satu tahun ke depan

–          40% responden meyakini bahwa perkembangan bisnis perusahaan kantor mereka akan berkembang dalam 6 bulan ke depan

–          16% responcen menyatakan bahwa mereka takut di-PHK

Baca juga: Pekerja Berpendidikan SD Masih Dominan