10 Cara Integrasi Social Media dan HR

Sering kali orang-orang bertanya, apa hubungannya social media dengan HR? Kami melihat banyak sekali hubungannya, karena itulah kami membuat rubrik khusus Social Media & HR. Secara gamblang sebuah artikel di HR Ringleader memaparkan 10 cara mudah untuk mengintegrasikan social media dalam praktik HR sehari-hari. Berikut adalah 10 cara tersebut:

1. Memasang Info Lowongan di Twitter

Saat ini sudah umum perusahaan memiliki akun twitter. Manfaatkanlah akun Twitter tersebut untuk memasang lowongan ketika ada. Usahakan pelamar dapat melihat alasan mengapa mereka harus bekerja dengan Anda. Sebarkan berita mengenai penghargaan yang diterima perusahaan ataupun pesan-pesan positif lainnya.

2.  Menjalin Hubungan dengan Kandidat di Twitter dan LinkedIn

Kunci keberhasilan merekrut seorang kandidat untuk sebuah posisi adalah kemampuan perekrut dalam berkomunikasi dan menjalin hubungan dengan kandidat. Anda bisa melakukan hal ini secara proaktif melalui situs-situs jejaring sosial, khususnya Twitter dan Linkedin.

3. Carilah sumber-sumber HR di Twitter, dan bergabunglah bersama mereka

Twitter memiliki fitur “Lists” dimana Anda dapat mencari akun yang sesuai dengan minat Anda. Carilah praktisi HR ataupun perekrut dan mulailah follow mereka. Bahkan jika mereka tidak memfollow Anda kembali, tweet kepada mereka dan memperkenalkan diri. Itu adalah salah satu cara yang bagus untuk membangun jaringan dan menambah sumber-sumber referensi HR yang berharga untuk Anda.

4.  Perkuat Brand Perusahaan melalui Foursquare

Pastikan organisasi Anda atau setiap lokasi yang terkait dengan perusahaan terdaftar di Foursquare. Dorong karyawan untuk “check in” setiap saat dan mengetahui apa yang mereka lakukan di sana. Upayakan mereka selalu membawa pekerjaan atau tugas yang bagus untuk menguatkan brand perusahaan. Cara ini juga efektif untuk mengetahui siapa saja karyawan yang aktif.

5. Menjangkau kandidat pasif melalui Foursquare

Mungkin cara ini cukup kontroversial, tetapi bila ada kekurangan talent dalam suatu skill tertentu yang dibutuhkan, mungkin bisa dicoba cara-cara yang inovatif. Misalnya dengan posting lo

wongan pekerjaan di lokasi yang dekat dengan pasar target kandidat Anda.

6. Gunakan  Blog untuk mengkomunikasikan berita-berita HR

Tidak semua orang atau setiap perusahaan harus memiliki sebuah blog. Namun, jika Anda memiliki setidaknya satu orang, entah itu Executive atau angota tim SDM yang berkomitmen untuk menulis, blog adalah cara yang bagus untuk berbagi berita HR. Dengan cara ini perusahaan juga sekaligus memiliki seseorang yang dapat menanggapi komentar dan pertanyaan yang datang dari karyawan.

7.   Buat Podcast untuk Karyawan

Apakah para pemimpin menggelar pertemuan rutin untuk membahas kesehatan organisasi? Apakah Anda punya aktivitas HR seperti penerimaan benefit tahunan, kenaikan tunjangan, review kinerja dan sebagainya? Bila iya, Anda bisa menggunakan podcast sebagai cara menyimpan informasi penting dalam format yang mudah didengarkan karyawan dimanapun mereka berada dengan waktu yang sesedikit mungkin.

8. Tampilkan di Youtube video yang menunjukkan seperti apa bekerja di perusahaan Anda

Untuk memperkuat Brand perusahaan, Anda dapat meminta karyawan untuk merekam video mengenai hal yang mereka suka saat bekerja di perusahaan Anda. Video ini dapat diposting pada intranet Perusahaan atau situs berbagi seperti Youtube. Ini cara yang bagus untuk melibatkan karyawan dengan sosial media yang ada.

9. Berikan penghargaan kepada Karyawan yang membagikan pesan positif tentang perusahaan di social media

Sayangnya seringkali perusahaan lebih sibuk memonitor jejaring sosial untuk menjaring komentar  negatif tetapi lupa menemukan pesan-pesan positif yang dipasang karyawan tentang perusahaan. Buatlah program insentif untuk mendorong partisipasi positif karyawan di media sosial.

10. Buatlah Grup Alumni di Linkedin

Jangan lupakan karyawan Anda yang sudah meninggalkan perusahaan, mintalah mereka untuk bergabung ke grup alumni agar tetap terhubung antara satu sama lain. LinkedIn menyediakan platform karyawan dan pengusaha hingga dapat menjadi media untuk tetap berkomunikasi dan menciptakan peluang.

Selamat mencoba, dan merasakan manfaat mengintegrasikan media sosial dengan peran Anda sebagai praktisi HR.

zp8497586rq
Tags: ,