Social Life di Kantor… Pakai ESN Saja

Afrianto_Martiono

Akhir-akhir ini fungsi bersosialisasi dan kehidupan sosial sebagian sudah diambil alih oleh situs-situs jejaring sosial seperti Facebook, Path, Instagram, dan lain-lain. Tanpa bertemu langsung secara fisik, kita tidak kehilangan update dan tegur sapa dari teman-teman kita.

Bagaimana dengan kehidupan sosial internal di dalam satu kantor? Ternyata, hal ini pun telah digantikan sebagian atau difasilitasi oleh situs jejaring sosial internal kantor, yang belakangan ini populer dengan sebutan Enterprise Social Network (ESN). Salah satu perusahaan yang menawarkan solusi ini adalah Success Factor dari SAP. Kami berkesempatan mengobrol bersama Putri Pelitasari dan Afrianto Martiono dari Daya Dimensi Global yang merupakan mitra penjualan strategis Success Factor di Indonesia.

Menurut Putri, ESN sangat efektif untuk organisasi karena selain memberikan unsur fun (social life internal kantor), alat ini juga dapat digunakan untuk meningkatkan produktivitas dan kinerja.

“Untuk perusahaan kami sendiri kami menerapkan kebijakan no internal emails, sehingga fungsi komunikasi internal dapat digantikan oleh ESN,” ujar Putri sambil menambahkan, sejak implementasi ESN, penggunaan email turun 60%. Sisa 40% adalah email eksternal.

Sistem ESN ini biasanya juga digunakan untuk berbagi dokumen, forum diskusi dan chat dengan rekan sekerja dari berbagai negara, serta dipadukan juga dengan modul-modul learning.

Dalam penerapannya menurut Putri tidak mengalami banyak kendala, paling-paling diperlukan penyesuaian dan membiasakan diri untuk disiplin melakukan status update.

“Bedanya orang Indonesia dengan luar negeri terletak pada transparansi. Kalau orang-orang luar biasanya lebih transparan mendiskusikan, misalnya nilai appraisal dengan bawahan, sementara orang Indonesia lebih tertutup,” tambah Afrianto Martiono.

Menurut Afrianto penting sekali untuk rajin melakukan status update sehingga perusahaan tahu apa yang sedang kita kerjakan. Keduanya mengklaim sistem ini sudah digunakan beberapa perusahaan besar khususnya perusahaan yang cabangnya tersebar di mana-mana serta di luar negeri. (*/@mei168)

zp8497586rq
Tags: , ,