Siapkah Anda Menghadapi Masa Pensiun?

Ketika Anda mulai pensiun dari pekerjaan Anda, secara otomatis, Anda tidak lagi mendapatkan pemasukan setiap bulannya. Apakah Anda siap untuk menghadapi hal ini? Beberapa fakta mencengangkan ini mungkin bisa melihat seberapa siap Anda dalam menghadapi masa pensiun.

– Lebih dari 50% orang merasa tidak memiliki keuangan yang cukup untuk menghadapi pensiun

– 25% responden mengakui bahwa mereka tidak berpartisipasi dalam retirement plan di perusahaan mereka

– Rata-rata orang menghabiskan waktu 20 tahun dalam masa pensiun

Lalu, bagaimana caranya agar masa pensiun Anda tidak membebani pikiran Anda? Mungkin beberapa tips yang dikutip dari smarterlifestyle.com dapat membantu Anda merencanakan masa pensiun Anda.

Baca juga: Pesangon untuk Karyawan Pensiun

1. Cobalah berkonsultasi dengan ahli keuangan. Sama halnya dengan check up ke dokter, Anda juga perlu untuk membuat jadwal untuk berkonsultasi dengan ahli keuangan Anda. Anda perlu untuk sharing mengenai situasi Anda saat ini dan bagaimana ke depannya.

2. Nabung, nabung dan nabung. Buatlah menabung jadi kebiasaan Anda. Sedikit-dikit, lama-lama menjadi bukit kan?

3. Ketahui apa yang menjadi kebutuhan pensiun Anda. Pensiun Anda dapat menjadi mahal. Cobalah untuk mencari tahu sejak sekarang, seberapa banyak yang perlu Anda tabung untuk masa pensiun Anda. Bicarakan dengan perencana keuangan atau cobalah untuk menemukan kalkulator retirement online.

3. Bergabunglah dengan program retirement plan perusahan Anda. Jika perusahaan Anda menawarkannya, ambillah kesempatan itu sebelum Anda menyesal.

4. Cari tahulah mengenai pension plans. Jika perusahaan Anda memberikan pension plan, pelajarilah secara detail. Agar Anda mengetahui keuntungan apa yang Anda dapatkan jika berpartisipasi dalam program itu.

5. Buatlah tabungan pensiun Anda off-limits. Usahakan untuk tidak melakukan penarikan sampai Anda pensiun, atau Anda akan menerima denda dan berdampak pada target Anda.

6. Jika perusahaan Anda tidak memiliki program retirement plan, mungkin Anda bisa mengusulkannya. Bukan hanya untuk kebaikan Anda, tapi juga untuk karyawan lainnya.

7. Pelajari dengan baik rencana pensiun dari pemerintahan. Biasanya setiap negara memiliki peraturan yang berbeda mengenai insentif pajak khusus.

8. Lakukan penelitian kecil-kecilan. Cari tahu mengenai apa itu pensiun, bagaimana menghadapainya dan sebagainya. Anda bisa mencari di Internet, Koran ataupun majalah. Membicarakannya dengan teman Anda sambil minum kopi juga bisa.

Baca juga: Hak Karyawan yang Memasuki Usia Pensiun

Tags: