SDM Lokal vs Expatriat

Heru Basuki Purwanto

Indonesia tengah menjadi sorotan dunia. Kestabilan ekonomi yang ditunjang dengan besarnya market Indonesia membuat beberapa investor asing datang untuk berbisnis. Yang menjadi pembahasan menarik adalah siapkah sumber daya manusia lokal bersaing dengan tenaga asing yang sudah menjamur di Indonesia. Apakah banyaknya lapangan pekerjaan membuat SDM Indonesia menjadi leader di tanah airnya sendiri?

Simak wawancara kami dengan tenaga pengajar dan top eksekutif di Indonesia, salah satunya kali ini kami mewawancarai Heru Basuki Purwanto selaku Leadership Expert di PT. Telkom Indonesia.

– Apakah potensi SDM lokal semakin meningkat dari sisi hard skill dan soft skill?

Tanggapan saya ya! Hanya sangat lambat dan sangat tergantung dari faktor lingkungan yang mempengaruhinya.

– Seberapa siap SDM Lokal bersaing dengan ekspatriat?

Sangat siap. Hanya kondisi ini belum merata di seluruh nusantara karena banyak faktor yang dapat mempengaruhi kondisi SDM di setiap daerah. Faktor utama yang sangat besar pengaruhnya adalah ‘budaya lokal masyarakat setempat.’

– Apa saja kelebihan SDM lokal dibandingkan tenaga asing?

Lokal wisdom atau kearifan lokal yang jelas tidak akan pernah dimiliki oleh SDM asing.

– Dari sisi pengusaha, apakah perusahaan sudah memfasilitasi potensi generasi muda Indonesia dengan optimal?

Belum maksimal. Seperti di negara-negara yang sudah maju, Eropa dan Amerika, setiap perusahaan wajib membuka daftar peluang magang bagi generasi muda sehingga keluar dari magang tersebut seseorang sudah punya pengalaman/sertifikat pernah magang.

– Nilai-nilai apa yang perlu dimiliki generasi muda Indonesia untuk memenuhi standard global?

Kejujuran dan Integritas.

Kejujuran adalah modal dasar dalam pergaulan internasional dan global saat ini. sekali seseorang ‘curang’ atau cidera janji, maka bisa dipastikan dia akan dikucilkan dalam pergaulan luas.

Integritas yaitu kesetiaan dan kecintaan pada tugas. Konsisten terhadap janji serta konsisten dalam sikap adalah salah satu kekuatan personality seseorang untuk diterima dan diakui di dalam pergaulan internasional.

– Skill apa yang perlu dikembangkan oleh generasi muda Indonesia?

Untuk Hard skill, di antaranya kemampuan teknis di bidang masing-masing dan kemampuan bahasa asing. Untuk soft skill: motivasi, komunikasi, entrepreneurship, etika bisnis dan leadership. Mengapa entrepreneurship? Entrepreneurship saat ini menjadi andalan dalam persaingan dan pertumbuhan perusahaan. Tanpa jiwa kewirausahaan dengan ciri utamanya adalah inovasi dan kreativitas tanpa henti, maka mustahil sebuah usaha atau perusahaan dapat tumbuh dan bertahan.

– Apa harapan Pak Heru untuk SDM Indonesia, khususnya generasi muda?

Generasi muda Indonesia nantinya harus mempunyai spirit, motivasi dan daya saing yang tinggi di tingkat regional dan bahkan global. Mereka harus memiliki S-K-A, Skill-Knowledge-Attitude yang baik sesuai standar global. (*/@nurulmelisa)

Tags: , ,