Daftar Gaji Software Engineer Perusahaan Kelas Dunia

25-highest-paying-jobs-292x1024

Era digital memang memberikan peluang bagi para developer software maupun hardware. Jenis-jenis pekerjaan berbasis IT pun semakin banyak diminati. Baru-baru ini, Glassdoor mempublikasikan hasil risetnya, yang menghasilkan daftar 25 perusahaan yang memberikan gaji tertinggi pada software engineer-nya.

Posisi pertama ditempati oleh perusahaan penyedia layanan internet protocol (IP) yang berbasis di California, Juniper diikuti oleh Linkedin dan yahoo. Ketiganya secara berturut-turut memberikan rata-rata gaji pokok kepada karyawannya sebesar 159,990 USD; 136,427 USD, dan 130,000 USD. Menyusul Google di posisi ke empat dan Twitter di posisi lima.

 

 

 

Selain gaji pokok yang diberikan perusahaan kepada karyawan, Glassdoor juga melakukan penelitian untuk melihat rata-rata gaji pokok tertinggi yang diberikan perusahaan berdasarkan wilayah, yakni di 20 kota besar di Amerika Serikat. San Fransisco memberikan rata-rata gaji yang paling besar dibandingkan kota lainnya. Pertahunnya, pemberi kerja memberikan sebanyak 111,885 USD kepada karyawan. Sedangkan Seattle memberikan 103,196 USD dan meduduki urutan kedua. Di posisi ketiga, terdapat San Diego dengan jumlah average annual salary yang diberikan sebesar 93,993 USD. Dari riset tersebut, dikemukakan juga bahwa di Amerika Serikat, terdapat 15,732 employer atau pemberi kerja untuk posisi software engineer. Dari jumlah tersebut, 3.846 di antaranya berlokasi di San Fransico Bay, sejumlah 2264 di New York City, 2.139 di Washington DC dan sisanya tersebar di seluruh negara bagian.

Ketika membicarakan masalah gaji, maka total compensation adalah sesuatu yang cukup penting untuk bisa diabaikan. Perusahaan bisa saja memberi gaji pokok yang tidak bombastis tetapi menjanjikan benefit menarik seperti kepemilikan saham, fleksibilitas dan peluang untuk advance career. Glassdoor memberikan gambaran hal tersebut dengan dua indikator sebagai representasi. Yang pertama adalah kesediaan karyawan untuk merekomendasikan perusahaan tempat ia bekerja kepada orang lain dan yang kedua adalah karyawan yang setuju dengan sosok CEO yang menjabat saat ini (20 Oktober 2013). Dari seluruh responden, didapatkan hasil bahwa perusahaan yang memberikan gaji besar ternyata juga memiliki budaya perusahaan yang baik. 93% karyawan Facebook bersedia merekomendasikan perusahaan ke orang lain, diikuti Linkedin dan Google yakni dua-duanya 90%.

Tags: