Bagaimana Karyawan Harus Menyikapi Kompensasi Dan Benefit?

  • Jangan menerima tawaran kompensasi dengan terburu-buru. Jika Anda menerima tawaran paket kompensasi dari suatu perusahaan janganlah terburu-buru menandatangani pada saat itu juga, tapi mintalah kesempatan untuk menimbang terlebih dahulu. Keputusan Anda sebaiknya didasari perbandingan yang menyeluruh terhadap semua elemen kompensasi yang ditawarkan pasar dibandingkan kompensasi yang Anda telah terima saat ini.
  • Cermatilah elemen-elemen kompensasi yang Anda terima dengan mendetail. Jika Anda menerima tawaran pekerjaan dan juga menerima tawaran paket kompensasi, cermatilah dengan baik elemen-elemen kompensasi yang ditawarkan, seperti elemen-elemen cash maupun non cash. Kebutuhan masing-masing individu berbeda-beda tergantung dari berbagai faktor seperti usia, gaya hidup, dan status perkawinan. Janganlah terpaku kepada elemenelemen cash saja, tetapi sebaiknya perhatikan komponen-komponen non cash seperti: jaminan kesehatan baik rawat inap maupun rawat jalan, asuransi jiwa, fasiltas sarana transportasi, fasilitas makan, dana pensiun, dan lain-lain. Elemen non cash yang acap kali terlupakan ini merupakan elemen penting dari benefit.
  • Pelajarilah hak dan kewajiban Anda dengan baik. Mintalah konfirmasi kepada bagian Human Resorces Anda mengenai kejelasan informasi-informasi berkenaan program-program kompensasi dan benefit. Yang perlu diperhatikan adalah hak dan kewajiban Anda seperti besaran potongan-potongan pajak, potongan Jamsostek, potongan Dana Pensiun serta potongan-potongan lainnya. Simpanlah selalu slip gaji dan semua informasi pajak Anda dengan baik karena mungkin akan Anda butuhkan suatu saat nanti.
  • Pelajarilah hal-hal yang menyangkut pajak pendapatan Anda dengan baik. Tidak ada salahnya Anda membaca penjelasan atau mempelajari mengenai perhitungan pajak dan meminta bagian Human Resources untuk memberikan break down mengenai pajak tersebut secara mendetail