11 Ide Benefit dari 11 Perusahaan Terbaik

intel-corporation-office

Setiap perusahaan memiliki kreativitas sendiri-sendiri dalam memberikan apreasiasi kepada para karyawannya. Beberapa perusahaan mengeksplorasi berbagai macam cara, dari yang paling sederhana dengan menjanjikan uang hingga yang paling unik dengan memberikan treatment yang tidak terbayangkan sebelumnya di benak karyawan.

Berikut adalah sebelas bentuk benefit atau apresiasi yang pernah diberikan perusahaan terbaik kepada karyawan, menurut ulasan dari Majalah Fortune:

1. Intel

Intel menyambut karyawan barunya dengan menggelar karpet merah (red carpet). Event yang dibuat oleh perusahaan terbaik ke-68 dunia tersebut dilakukan sekali setiap 4 bulan. Karyawan baru, diharuskan naik ke panggung melalui red carpet tersebut. Sepanjang red carpet, berjajar para fotografer dan videographer untuk mengambil gambar mereka sampai mereka mencapai panggung dan mendapatkan parcel penyambutan.

2. Stryker

Stryker adalah perusahaan produsen peralatan medis dan merupakan perusahaan terbaik ke-61 di dunia. Sebagai inventor tempat tidur pasien (medical bed), Stryker memberikan benefit yang cukup unik bagi karyawannya. Perusahaan tersebut meminjamkan medical bed tersebut kepada karyawann dan seluruh keluarganya, tanpa dikenakan charge sama sekali.

3. JM Family Enterprise

Perusahaan auto service ini juga menjanjikan benefit yang menarik bagi karyawan loyalnya. JM Family Enterprise memberikan sebuah paket liburan mewah di Boca Raton, Florida, yang terletak tak jauh dari kantor pusat perusahaan ke-32 terbaik di dunia tersebut. Hadiah tersebut diberikan pada ulang tahun ke-10 karyawan tersebut bekerja di perusahaan dan juga setiap lima tahun sekali setelah itu.

4. Qualcomm

Benefit yang diberikan Qualcomm, tidak hanya akan membuat bahagia karyawan, melainkan juga petani di sekitar perusahaan tersebut. Sekali dalam seminggu, Qualcomm yang berbasis di Sandiago menyelenggarakan farmer market di dua lokasi. Produk yang dijual sangat beragam, mulai dari produk tradisional hingga selai atau jelly. Perusahaan wireless yang juga adalah perusahaan terbaik ke-11 di dunia tersebut membolehkan karyawan yang berlangganan CSA veggie box untuk mengambil paket produk yang telah disediakan di salah satu HQ café.

5. Hitachi Data System

Benefit yang diberikan Hitachi bisa dikatakan sangat unik. Perusahaan ke-63 terbaik di dunia tersebut menggelar “dog day” pada pertengahan musim panas. Pada hari tersebut, karyawan boleh membawa hewan peliharaan mereka ke tempat kerja dan dapat menikmati pameran dari vendor-vendor seperti pembiak lokal, store owner dan bahkan trainer bagi peliharaan mereka. Pendapatan dari event tersebut akan didonasikan untuk animal charity.

6. Plante Moran

Plante Moran adalah perusahaan terbaik ke 25 menurut daftar Majalah Fortune. Ia memberikan layanan seperti konsultan bisnis, pajak dan audit. Benefit yang diberikan perusahaan tersebut cukup unik. Pada musim panas, setiap hari Jumat secara berselang, Plante Moran menghadirkan truk es krim Good Humor yang merupakan salah satu produk dari Walls pada saat makan siang. Sedangkan pada musim gugur, perusahaan tersebut memberikan donat gratis sebagai coffee break.

7. Allianz

Setiap empat tahun sekali, perusahaan terbaik ke 59 di dunia ini menyelenggarakan pesta olah raga atau Olympic untuk tim sport mereka. Tahun 2010, Olimpiade tersebut diikuti oleh lebih dari 70 negara dan diselenggarakan di Budapest.

8. Google

Perusahaan terbaik di dunia ini memberikan benefit yang memang sangat berbeda dari perusahaan lain. Selain tempat kerja yang sarat hiburan, google juga memberikan benefit finansial yang menarik. Bagi karyawan yang meninggal, pasangannya akan mendapatkan tunjangan berupa setengah dari gaji karyawan tersebut selama satu dekade ke depannya.

9. Dreamwork Animation

Perusahan yang bertengger di posisi 12 sebagai peruahaan terbaik versi Fortune ini juga memberikan apresiasi yang cukup menarik. Setiap karyawan berhak mendapatkan kredit sebesar 25 USD di DreamWorks Print Centers di kantor mereka yang terletak di Glendale dan Redwood City. Tempat tersebut melayani jasa printing bagi karyawan, mulai dari membuat greeting card, cetak foto, hingga membuat kalender pribadi.

10. Hilcorp Energy

Para manager mempunyai cara tersendiri untuk me-reward anak buahnya. Setiap karyawan mendapatkan reward yang berbeda sesuai dengan keinginan. Sekali waktu, pernah ada karyawan dari perusahaan terbaik ke-7 di dunia ini mendapatkan trail rides gratis di sebuah stadium ternama, ada juga di antara karyawan yang mendapatkan reward berupa barbeque party atau pelajaran menunggang kuda.

11. Quicktrip

Quicktrip, rangking 66 di jajaran perusahaan terbaik versi Majalah Fortune, membuat karyawan merasa malu sekaligus bangga bahwa mereka telah masuk dalam tim perusahaan. Setiap karyawan baru akan diminta duduk di sebuah bangku yang dilengkapi oleh candy tub. Setiap karyawan akan berhenti di tempat tersebut, memperkenalkan diri dan mengambil snack.

 

Photo courtesy: Glassdoor.com

Tags: , , ,