Wow, Cloud Computing Akan Ciptakan 14 Juta Lapangan Kerja!

Cloud computing

DALAM istilah di Wikipedia, cloud computing bisa diartikan sebagai gabungan dari pemanfaatan teknologi (komputasi) dan pengembangan berbasis internet (awan). Cloud computing merupakan sebuah metode komputasi di mana kemampuan TI disediakan sebagai layanan berbasis internet.

Hasil studi yang diprakarsai oleh Microsoft dan dilakukan oleh International Data Corporation (IDC) mengungkapkan bahwa cloud computing diperkirakan akan menciptakan 14 juta lapangan kerja baru di seluruh dunia pada 2015. Menariknya, 2 juta lapangan kerja tersebut akan diserap oleh India saja.

Hasil studi juga memperlihatkan, AS menjadi negara terbesar pasar cloud computing di mana belanja publik untuk layanan TI bisa mencapai 62% dari total belanja seluruh dunia. Lapangan pekerjaan baru dari efek cloud computing ini akan dinikmati oleh negara-negara di Eropa, Timur Tengah dan Afrika (EMEA), dan Amerika Utara, lebih karena negara-negara tersebut memiliki tenaga kerjanya yang sudah siap. Sementara di wilayah Asia Pasifik, pasar tenaga kerja cloud computing akan dikuasai oleh China dan India.

Banyak perusahaan berencana untuk bermigrasi ke cloud computing, untuk membebaskan sumber daya yang ada, agar lebih fokus bekerja pada proyek-proyek yang inovatif. Memberikan ruang longgar kepada sumber daya juga memungkinkan organisasi bisa menginvestasikan anggarannya secara lebih efisien.

“Kesalahpahaman yang umum adalah cloud computing mengeliminasi pekerjaan, tetapi sebenarnya itu akan menjadi peluang penciptaan lapangan pekerjaan baru,” kata John F Gantz, chief research officer and senior vice-president IDC dalam sebuah pernyataan.

“Kami di Microsoft berharap cloud computing akan muncul sebagai kekuatan yang menonjol dalam industri teknologi dan memungkinkan India muncul sebagai pusat inovasi global dari hub layanan global sekarang,” kata Ramkumar Pichai, general manager, customer and partner experience, Microsoft India. Poin dari penelitian Microsoft-IDC bahwa pendapatan dari inovasi cloud computing bisa mencapai setinggi $ 1,1 trilyun di tahun 2015. (*)

Tags: , ,