Wah… Ternyata 8 dari 10 Eksekutif Lebih Memilih CV dalam Format Word atau PDF

resume

Membuat surat lamaran kerja yang kreatif lengkap dengan desain yang wah, sepertinya sudah menjadi pakem baru bagi para pencari pekerja yang ingin mencuri perhatian para rekruter. Namun tahukah Anda, bahwa 8 dari 10 eksekutif lebih memilih CV (curriculum vitae) dalam format Word atau PDF dari para job seeker.

resume

(Image: hrmasia.com)

Baca juga: Kesalahan Fatal dalam Membuat CV Menurut HRD-nya Google

Hal ini diungkapkan berdasarkan studi terbaru yang dilakukan oleh The Creative Group. Menariknya, angka ini meningkat dibandingkan hasil studi dengan judul serupa pada tahun 2013. Sebanyak 70% eksekutif lebih memilih CV dalam bentuk Word ataupun PDF. Meskipun bentuk mainstream ini lebih dipilih oleh para eksekutif, namun bukan berarti bentuk CV kreatif lainnya tidak diterima.

CV Kreatif

“Kebanyakan hiring manager hanya membutuhkan waktu yang sangat singkat untuk memilih CV mana yang ingin mereka baca lebih detail,” ungkap Diana Domeyer, selaku Executive Director The Creative Group, sambil menambahkan, “CV yang eye-catching memang akan menarik perhatian, namun pastikan bahwa semua informasi tertulis dengan jelas dan mudah untuk dibaca.”

Baca juga: Sebuah CV Tak Akan Membawa Kita pada Pekerjaan Idaman, Kok Bisa?

“Para professional masa kini memiliki banyak pilihan dalam menunjukkan skill dan kualifikasi mereka. Memang mencoba hal baru terlihat sangat menggoda, namun perlu diingat bahwa CV yang baik adalah CV yang tidak bertele-tele dan menggambarkan mengapa Anda adalah orang yang tepat untuk suatu posisi dan perusahaan,” pesan Domeyer. (*)