Tanyakan 3 Pertanyaan ini Sebelum Pindah Kerja

Memiliki berbagai macam pemimpin dapat membuat pekerja terlihat baik, namun memiliki terlalu banyak pemimpin dapat membuat mereka (pekerja, red) kurang terlihat, berdasarkan penelitian yang dikutip dari mashable.com.

Berdasarkan penelitian tersebut, yang dilakukan oleh staffing firm Robert Half, HR manager menyatakan bahwa memiliki perubahan pekerjaan dengan rata-rata lima kali atau lebih dalam 10 tahun akan dapat membuat mereka khawatir bahwa karyawan mereka adalah seorang job hopper.

Paul McDonald, senior executive director di Robert Half, menyatakan bahwa pasar pekerjaan tidak dapat diprediksi untuk beberapa tahun terakhir. Kebanyakan pemimpin memahami bahwa calon pekerja mungkin pernah bekerja secara singkat pada beberapa posisi.

“Namun dunia bisnis mencari karyawan yang akan berkomitmen pada organisasi, berkontribusi pada perusahaan dan membantunya untuk mencapai tujuan jangka pendek maupun jangka banyak,” ucap McDonald. “Terlalu banyak melakukan job hopping akan menjadi red flag.“

Robert Half menawarkan pertanyaan ini kepada para karyawan bahwa mereka harus bertanya diri mereka ketika mereka memutuskan apakah mereka harus tetap bertahan pada pekerjaan mereka saat ini atau mencari yang  baru:

– Apakah Anda menginginkan kesempatan baru?

Apakah Anda mencari tantangan yang lebih atau uang yang lebih? Jam pekerjaan yang lebih pendek atau jam pekerjaan yang fleksibel? Hubungan yang lebih baik dengan manajer Anda? Anda harus meyakini bahwa faktor pekerjaan merupakan hal penting dalam mengambil keputusan ini dan mengejar peluang baru jika hal ini membantu dalam menyelesaikan permasalahan tersebut.

– Apakah Anda sudah mencari tahu tentang perusahaan Anda sekarang?

Karyawan tidak seharusnya berasumsi bahwa mereka meninggalkan pekerjaan mereka yang lama untuk menemukan pekerjaan yang mereka inginkan. Mungkin ada pekerjaan yang lebih cocok bagi diri Anda di perusahaan Anda saat ini.

– Di mana potensi terbesar jangka panjang dan stabilitas Anda?

Apakah ini merupakan kesempatan yang baik untuk membentuk bakat dan mengembangkan karir Anda dengan perusahaan Anda saat ini atau dengan yang lain? Bisnis mana yang sudah cukup stabil? Karyawan tidak akan melakukan perubahan, hanya untuk mempelajari apakah karir mereka terhenti atau perusahaan baru mereka sedang bekerja keras untuk mencapai tujuan.

Penelitian ini dilakukan melalui teknik interview kepada lebih dari HR manager pada perusahaan yang memiliki karyawan sebanyak 20 orang ataupun lebih di Amerik Serikat.

Tags: ,