Strategi Rekrutmen Melalui Linkedin

linkedin rekrutmen event

Beberapa perubahan terjadi terhadap proses rekrutmen. Beberapa di antaranya adalah, strategi sourcing kandidat yang dahulu banyak menggunakan sortir cv atau memasang iklan di surat kabar, saat ini dapat menggunakan alternative lainnya seperti online job portal.

Kebiasaan kandidat saat ini pun berubah, dahulu hanya cukup dengan salary yang tinggi mereka akan dengan mudah tertarik, saat ini brand perusahaan memiliki peranan dalam meng-attract kandidat.

“Saat ia  dihubungi oleh team recruitment, ia berusaha mencari tahu melalui social media, siapa tadi yang menelpon saya dan profil perusahannya,”ungkap Ferdy Nandes, Sales Manager Indonesian Market Linkedin dalam Executive Lunch dengan tema Bagaimana Rekrutmen Social Media Dapat Membantu Anda Memenangkan War on Talent, di Jakarta, hari ini (18/9/2013).

Kandidat saat ini juga cenderung lebih suka didekati secara personal, salah satunya menggunakan email. Mereka akan merasa lebih dihargai,  karena paradigma yang ada dalam kandidat saat ini, mereka memikirkan apa yang dapat ditawarkan perusahaan kepada saya, kenapa saya harus memilih perusahaan Anda. Seorang perekrut tidak lagi menunggu bola tapi haruslah menjemput bola untuk memperoleh kandidat.

Dalam event hari ini Linkedin tidak hanya menawarkan platform untuk merekrut kandidat (sourcing kandidat yang terdiri dari 2,5 juta pengguna saat ini di Indonesia), tetapi juga sebuah platform yang dapat digunakan untuk membangun branding perusahaan.

“Dalam profil perusahaan, testimoni dari karyawan, pengembangan karier, follower perusahaan dapat ditampilkan sebagai sarana untuk  membangun employer branding,” tutur Ferdy.

Ferdy mengatakan, sistem Linkedin juga memiliki application tracking system, di mana perusahaan dapat memonitor sudah sampai sejauh mana status kandidat saat ini dalam proses rekrutmennya. Kemudian melakukan search untuk sebuah posisi dengan memberikan jangka waktu tertentu.

“Contohnya saya melakukan pencarian kandidat untuk sales director selama 1 bulan. Jika dalam jangka waktu tersebut terdapat kandidat baru yang memenuhi kualifikasi, akan  dimasukkan juga ke dalam run search yang sedang dilakukan,” tuturnya. Ferdy menambahkan, “Hingga template untuk mengirimkan email personal kepada kandidat potensial yang akan direkrut juga kami sediakan.”

Tidak hanya melakukan sourcing kandidat dari dalam negeri, sourcing kandidat dari negara lain juga dapat dilakukan. “Platform ini sudah kami desain untuk kebutuhan spesifik maupun  general dari perusahaan pengguna,” pungkasnya. (*/@shinnyislamiyah)

Tags: , ,