Pinterest, Tools Rekrutmen Baru di Social Media?

pinteres logo

SELAMA beberapa bulan terakhir, Pinterest berhasil mencuri perhatian dunia. Social network yang baru lahir ini, begitu populer di mana pertumbuhan member dan kunjungan ke website meningkat tajam berkali-kali lipat. Bayangkan peningkatan dari bulan September sampai Desember 2011 mencapai 429%, dan jaringan sosial ini mengklaim pengguna sudah melebihi 3,3 juta member.

Kepopuleran Pinterest mendapat pengakuan sebagai sosial network terpanas di akhir tahun lalu, di mana pada Desember 2011, masuk ke dalam daftar 10 besar versi Hitwise. Pinterest juga berhasil menyodok ke posisi nomer # 5, menggeser nama besar seperti LinkedIn dan Google +. Lihat juga, Pinterest mencatatkan prestasi emas dengan masuk sebagai website paling cepat, yang memperoleh kunjungan unik (unique vivistors) lebih dari 10 juta dalam sebulan.

Pertanyaan menarik seperti setiap jaringan sosial panas baru yang datang, para pemasar serempak berteriak, “Dapatkah saya menggunakannya untuk pemasaran?” “… Dan, bagaimana?”

Jika orang marketing selalu berada di depan, bagaimana halnya dengan para praktisi HR? Benar, orang HR pun harus senantiasa tanggap dengan perkembangan yang terjadi. “How to Recruit on Pinterest?”, barangkali itu yang menjadi pertanyaan pentingnya. Berikut ini, beberapa hal yang perlu mendapat perhatian para praktisi HR.

1.Niche Market. Sebagaimana barang baru yang senantiasa mengundang rasa penasaran, Pinterest pun juga demikian. Berita dari mulut ke mulut tentang pengalaman baru, menyebar dengan cepat bagaikan virus. Kerumunan ini tentu saja mencipatkan pasar tersendiri. Untuk bisa mendapatkan insight apa yang ada di dalam komunitas tersebut, orang HR pun harus terlibat.

2.Leverage Traffic. Ciri-ciri social network seperti Pinterest adalah daya ungkit. Sebagaimana Twitter, Facebook, Google+, dan juga LinkedIn, semakin banyak followers maupun networking yang dimiliki, semakin mengundang banyak kemungkinan.

3.Sourcing for Candidates. Meskipun tidak spesifik layaknya LinkedIn, Pinterest tetap saja melibatkan banyak orang, yang didalamnya -siapa tahu- adaalah para talent terbaik. Baik pribadi maupun perusahaan bisa memanfaatkan channel ini untuk menaikkan citra profesional maupun menjadikannya sebagai salah satu tools rekrutmen.

4.Little or no cost, except for your time that is.
Ya benar sekali, membership di Pinterest adalah gratis. Ini menjadikan Anda tidak terlalu pusing dengan anggaran. Cuma yang diperlukan adalah waktu Anda, dan dedicated person jika perusahaan ingin terlibat di dalam komunitas Pinterest.

Tidak disangkal, Pinterest adalah social network baru yang bertumbuh sangat cepat dan populer, dan buat para recruiters selalu ada peluang jika senantiasa, “Think Social.” Apakah kehadiran Pinterest bermanfaat buat Anda: you decide. (@erkoes)

Tags: , ,