Pertanyaan Pamungkas untuk Mencari Kandidat Terbaik

Menurut Paul B. Brown, penulis buku Own Your Future: How to Think Like an Entrepreneur and Thrive in an Unpredictable Economy, terdapat satu pertanyaan yang dapat membuat recruiter menemukan kandidat yang sempurna. Apakah itu?

“Tell me about your friends.”

Menurut Brown, seorang yang baik akan bergaul dengan orang-orang yang baik pula. Dengan kata lain, meminta kandidat untuk mendeskripsikan mengenai teman-temannya secara tidak langsung mereka mendeskripsikan dirinya sendiri. “High performers akan berteman dengan mereka yang high performers pula,” tambah Brown.

Baca juga: 4 Pertanyaan Wawancara untuk temukan karyawan hebat

Respon apa yang dicari?

Sebagai hasilnya, Brown menyatakan bahwa jika kandidat menjelaskan teman-temannya yang berperilaku buruk, maka kandidat di hadapan Anda pun kurang lebih sama. Anda tentu tidak ingin merekrut seorang yang suka mengeluh ataupun membicarakan orang lain, atau teman-teman yang bergaul dengan mereka.

Menurut Brown, biasanya kandidat memiliki kegiatan bersama dengan teman-temannya, seperti bergabung dalam komunitas tertentu atau melakukan aktifitas tertentu. Hal ini secara tidak langsung dapat memberitahukan Anda apa yang dianggap penting oleh para kandidat. Jika kandidat terdengar sangat sukses, memiliki motivasi yang tinggi, maka Anda akan tahu bahwa ia adalah orang yang tepat untuk Anda.

Brown memang tidak menjelaskan secara spesifik mengenai pengalaman rekrutmennya. Namun seperti yang sudah dipaparkan, Brown merasa bahwa pertanyaan tersebut cukup untuk menggambarkan pribadi seseorang, dan hal tersebut efektif. Meskipun tidak jelas apakah ia melakukan probing lebih lanjut ataukah tidak, namun ini bisa menjadi awal bagi Anda, para recruiter, untuk memulai sesi interview dengan calon kandidat.

Baca juga: 3 Pertanyaan Penting untuk mendapatkan karyawan optimal

Tags: , ,