Perlakukan Kandidat Dengan Baik, Berikut Ini Caranya

Bagi para perusahaan dan pemimpin terkadang mereka melupakan sesuatu dalam proses rekrutmen, yaitu bagaimana mereka memperlakukan para kandidat. Padahal bagaimana cara suatu perusahaan memperlakukan para kandidat akan menjadi cerminan bagaimana perusahaan tersebut bagi para kandidat. Proses rekrutmen yang terjadi menggambarkan bagaimana suatu perusahaan menjalankan proses lainnya. Perlu Anda ingat bahwa HR adalah wajah perusahaan.

Berdasarkan penghargaan yang dirilis Talent Board, yaitu Candidate Experience Award, ditemukan terdapat beberapa hal yang perlu diingat oleh perusahaan dan para pemimpin dalam memperlakukan para kandidatnya dengan baik. Apa sajakah hal tersebut? Mari simak pemaparannya di bawah ini seperti yang dilansir dari Smart Recruiters.

1. Pertama dan Terakhir: Menghargai orang lain

Ini hal penting yang harus dilakukan perusahaan dalam menjalin kandidat. Hargailah mereka. Perlakukan mereka dengan baik. Jelaskan prosesnya dengan jelas dan jujur kepada mereka. Jangan sampai para kandidat merasa dibodohi ataupun dirugikan.

Baca juga: 6 Tren Rekrutmen tahun 2015

2. Sejalan dengan apa yang sudah ditentukan

Sekali Anda sudah menjelaskan prosesnya, maka lakukan sesuai dengan apa yang sudah Anda jelaskan. Lakukan secara konsisten. Berikanlah kesempatan bagi kandidat untuk mengontak Anda kembali. Perlakukan kandidat sebagai partner dalam proses rekrutmen dan sebagai orang yang potensial bagi perusahaan.

3. Berikanlah alasan mengapa mereka tidak terpilih

Hal ini berlaku bagi mereka yang tidak terpilih. Jika Anda ingin mereka pergi secara baik-baik maka berikan mereka pemahaman mengapa mereka tidak terpilih. Jika Anda melakukan hal tersebut maka hal tersebut akan membekas cukup mendalam pada mereka. Meskipun mereka tidak terpilih setidaknya Anda berhasil memberikan kesan baik pada mereka.

4. Buatlah proses rekrutmen sesuai dengan yang dibutuhkan

Terdapat berbagai macam perangkat lunak untuk proses rekrutmen, tes dan konsultan. Semuanya memiliki harga yang sepadan. Namun perlu Anda ingat tujuan Anda: menemukan talent yang unik dan sesuai dengan yang dibutuhkan. Buatlah proses rekrutmen yang sesuai dengan yang dibutuhkan. Jika sudah didesain sedemikian rupa dengan baik, maka Anda akan menemukan talent-talent yang di luar ekspektasi Anda.

Mengaplikasikan keempat hal ini merupakan kesempatan untuk menguatkan perusahaan. Proses rekrutmen yang baik akan meninggalkan kesan yang baik juga pada para kandidatnya. Baik yang terpilih maupun yang tidak. Dengan zaman yang sudah sangat maju, Anda bisa melihat kesan yang mereka berikan di social media. Jika Anda memberikan kesan yang baik dan menuliskannya di social media, maka hal tersebut juga akan memiliki dampak positif juga bagi perusahaan, bukan?

Baca juga: 3 Cara Unik Merekrut Karyawan

Tags: ,