Pentingnya Foto Profil Soc Med Dalam Pencarian Kerja

photoprofile2

Tahukah Anda pada masa kini, hampir 90% pelamar direkrut melalui sosial media. Hal ini menjadikan bagaimana Anda mempresentasikan diri Anda pada jejaring sosial seperti Twitter, Facebook ataupun LinkedIn adalah hal yang penting. Status yang Anda tulis, posting yang pernah Anda upload, bahkan foto profil Anda bisa menjadi faktor-faktor yang membuat Anda dipertimbangkan oleh para perekrut.

social media photo profile

Sama halnya seperti proses wawancara, Anda hanya memiliki satu kali kesempatan untuk memberikan kesan yang baik. Sebagus apapun Anda membuat resume namun foto Andalah yang akan menarik perhatian perekrut pertama kali. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Princeton University, seorang perekrut hanya membutuhkan waktu sekitar 1/10 detik untuk menilai seorang kandidat hanya dari fotonya. Selain itu seorang perekrut hanya membutuhkan waktu sekitar enam detik saat melihat profil LinkedIn pelamar dan enam detik tersebut difokuskan dengan memperhatikan foto profilnya.

 

Baca juga: “Bersih-bersih” Social Media Sebelum Melamar Kerja

Hal ini menunjukkan bahwa foto profil merupakan hal penting yang perlu Anda perhatikan, selain isi profil social media Anda tentu saja. Lalu bagaimana cara membuat foto profil yang dapat menarik perhatian rekruter? Simak pemaparannya di bawah ini.

Pertama-tama, usahakan tidak memasang foto profil yang membuat mata Anda tertutup. Mata yang tertutup sesuatu, misalnya seperti sunglasses ataupun rambut, memberikan kesan kurang dipercaya. Kedua, buatlah foto seprofesional mungkin. Mempergunakan jasa fotografer untuk membuat foto profil Anda mungkin bisa menjadi alternatifnya. Ketiga, jangan lupa tersenyum dan perlihatkan gigi Anda. Tersenyum dengan memperlihatkan gigi membuat seseorang lebih disukai dan lebih mudah dipercaya. Terakhir, kenakan pakaian yang formal. Pakaian yang formal membuat Anda terlihat lebih kompeten.

photoprofile2

Image courtesy: Avidcareerist.com

Baca juga: 1 dari 10 Anak Muda Ditolak Bekerja karena Social Media

Tags: ,