Pakai Baju Biru Saat Interview Kerja

Ketika Anda datang wawancara, saran standar yang akan diberikan orang terdekat Anda adalah, kenakanlah baju yang rapi dan sopan. Namun baju yang rapi dan sopan tidak cukup untuk membuat para rekruter melirik Anda. Anda perlu memikirkan warna pakaian apa yang akan Anda kenakan. Sebab warna baju yang Anda kenakan mempengaruhi kesempatan Anda untuk mendapatkan pekerjaan tersebut.

CareerBuilder bersama dengan Harris Interactive melakukan wawancara terhadap sejumlah hiring managers dan para praktisi HR. Wawancara ini dilakukan pada industri dengan berbagai bidang dan skala. Wawancara ini dilakukan dengan tujuan untuk mencari tahu, warna pakaian apa yang boleh dan tidak boleh dikenakan pada saat wawancara pekerjaan. Hasilnya menunjukkan bahwa pelamar yang mengenakan pakaian berwarna biru akan cenderung memiliki kesempatan lebih besar untuk direkrut.

Baca juga: Jenis Pakaian yang Cocok dikenakan ke kantor

Para responden menyatakan bahwa warna pakaian yang dikenakan dapat mempengaruhi sinyal yang para pelamar berikan selama proses wawancara berlangsung. Warna yang direkomendasikan untuk dikenakan adalah warna biru. Hal disebabkan karena warna biru dapat mencerminkan kepercayaan dan kredibiltas. Menurut situs EmpowerYourselfWithColorPsychology.com, warna biru merupakan warna yang aman dan dapat dikenakan oleh pria dan wanita.  Sedangkan warna yang harus dihindari adalah warna orange. Hal ini disebabkan karena warna orange mengesankan bahwa Anda merupakan seseorang yang tidak dapat tenang.

“Anda akan mendapatkan kesempatan lebih besar untuk mendapatkan pekerjaan tersebut ketika mengenakan pakaian warna biru,” saran CareerBuilder dan Harris Interactive.

Baca juga: Karir kita berawal dari cara berpakaian

Tags: ,