Mau Tahu Bagaimana 4 Cara Ini Bisa Menunjukkan Betapa Passionate Anda?

office-336368_640

Benar adanya bahwa setiap hiring manager membutuhkan orang-orang yang passionate. Tidak hanya memiliki passion bagi posisi tertentu, namun juga bagi perusahaan dan dirinya sendiri. Namun definisi passionate masa kini mulai rancu dan sekilas info bagi Anda, semua orang tahu tentang hal itu. Sehingga dalam setiap cover letter, resume dan interview semua kandidat menyatakan bahwa mereka full of passion.

office-336368_640

Semulanya seseorang menggambarkan bahwa diri mereka passionate agar terlihat beda dengan orang lain. Namun pada masa kini semua orang yakin bahwa mereka juga memiliki passion sama halnya dengan Anda. Lalu bagaimana menjelaskan bahwa Anda passionate dengan cara yang lain? Simak pemaparannya dalam artikel yang dikutip dari The Muse berikut ini.

1) Jika maksudnya adalah Anda merasa excited dengan posisi tersebut

Mungkin Anda menjelaskan bahwa Anda passionate karenakan Anda tahu betul dengan posisi tersebut. Anda menunjukkan apa yang bisa Anda lakukan, menunjukkan seberapa senang Anda dengan hal tersebut sehingga Anda memutuskan menggunakan kata passion. Daripada mengatakan, “Saya memiliki passion dalam dunia menulis,” akan lebih baik jika Anda mengatakan, “Saya senang mengisi kolom tulisan di majalah kampus dan sedang mempertajam kemampuan editing.”

Baca juga: Hati-hati! 10 Kata yang Digunakan Berlebihan di LinkedIn

2) Jika maksudnya adalah tidak akan ada hal yang mampu menghalangi Anda

Anda mempergunakan istilah passionate untuk menggambarkan bahwa Anda keras kepala. Apapun yang terjadi, Anda akan menyelesaikan tugas Anda. Anda selalu ingin berada satu langkah lebih maju dan siap untuk melakukan multi-tasking. Passionate mungkin istilah yang tepat untuk menggambarkan diri Anda namun penjelasan yang lebih detail akan membuat Anda terlihat berbeda. Ceritakan tentang pengalaman pribadi Anda bahwa Anda selalu menyelesaikan tugas sesuai deadline, bagaimana Anda menyelesaikan presentasi yang diubah pada detik-detik terakhir atau bagaimana Anda menyelesaikan proyek yang diberikan secara mendadak.

3) Jika maksudnya adalah Anda orang yang kreatif

Anda mempergunakan istilah passionate untuk menggambarkan diri Anda yang lebih didominasi oleh otak kanan. Anda ingin hiring manager tahu bahwa Anda kreatif dan Anda adalah orang yang tepat untuk posisi tersebut. Namun ingat kembali bahwa setiap kandidat mempergunakan istilah yang sama untuk menggambarkan diri mereka. Apa yang membuat passionate Anda berbeda? Jawabannya, pikirkan apa yang membuat Anda penuh dengan passion. Apakah passion membuat Anda lebih matang dalam mengambil keputusan atau membuat Anda lebih tenang dalam mengerjakan sesuatu.

Baca juga: Waduh, Tips Rahasia Sukses Berkarir, Jangan Ikuti Passion

4) Jika maksudnya adalah karena Anda tidak memiliki pengalaman

Terkadang seseorang menggambarkan dirinya passionate karena mereka underqualified. Istilah lainnya yaitu fast-learner. Anda menyadari bahwa kualifikasi Anda tidak begitu memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan. Namun Anda terbuka dengan ilmu baru dan siap belajar. Sayangnya, para hiring manger juga memiliki pengalaman menghadapi orang seperti ini, sehingga ‘jurus’ ini kemungkinan tidaklah bekerja. Jika Anda ingin melamar di suatu posisi namun tidak memiliki pengalaman, maka pilihan terbaik bagi Anda adalah mencari pengalaman terlebih dahulu. Sesungguhnya jika Anda tidak berusaha membuat diri Anda kaya dengan skill mengatakan bahwa Anda passionate tidak akan membuat Anda melaju ke tahap yang lebih jauh. (*)