Malu Menganggur, Banyak Pemuda Rela Bekerja Tanpa Bayaran

Hampir Semua pemuda usia 16-24 di Inggris menganggap pengangguran membawa stigma negatif

Pencari kerja berusia muda lebih cenderung menerima pekerjaan walaupun tidak digaji, untuk menapaki tangga karir, dan semakin tinggi kualifikasi seseorang, semakin rela bekerja tanpa bayaran, demikian menurut riset terbaru firma rekrutmen Adecco.

Riset ini menemukan 49% pemuda bersedia bekerja secara gratis, hal ini seolah membantah tuduhan bahwa mereka adalah “generasi penuntut”.

Baca juga: Survei Monroe Consulting: 93% Pekerja Ditelepon Headhunter

Hampir separuh (47%) responden berusia 16-24 yang disurvei mengatakan mereka akan melakukan pekerjaan apa saja yang ada, dimana 95% percaya bahwa menganggur akan membawa stigma buruk.

Penelitian juga menunjukkan semakin baik skor General Certificate of Secondary Education (GCSE) seseorang, semakin bersedia juga dia menerima pekerjaan apa pun.

Riset tersebut juga menunjukkan jumlah lamaran yang dikirim anak-anak muda ini, dimana 69% melamar hingga 10 pekerjaan dalam 12 bulan, 32% melamar lebih dari 10 lowongan dan 14% melamar lebih dari 20 pekerjaan.

Sementara itu, bahkan untuk mendapatkan wawancara pun sulit. 13 % kandidat muda ini melaporkan mereka tidak pernah diundang wawancara setelah mengirim CV, hanya separuh (54%) mengatakan mereka diundang untuk wawancara sekali dalam 10 lamaran yang dikirim.

Hal lain yang mengemuka adalah bahwa salah satu penyebab sulitnya anak anak ini mencari kerja karena lebih dari sepertiga tidak memiliki pengalaman bekerja selama masa sekolah. 12% malah tidak berminat mencari pengalaman kerja.

Mengomentari hal ini Alex Fleming, managing director Adecco mengatakan, “Lebih dari separuh pemuda yang kami survei mengatakan kurangnya pengalaman kerja sebagai alasan penolakan pada tahap wawancara. Banyak yang merasa sulit masuk ke dunia kerja sehingga mereka bersedia bekerja tanpa bayaran untuk mendapatkan pengalaman. Ini tidak adil.”

Baca juga: Keuntungan Menggunakan Sistem Rekrutmen Online

Tags: , ,