Lokasi Geografis Bukan Hambatan Mencari Talent

ai-sim-tan

Perhelatan Singapore Human Capital Summit yang berlangsung akhir bulan lalu masih banyak menyisakan pelajaran menarik. Event tersebut dihadiri panelis-panelis dan peserta dari kalangan HR maupun non-HR di kancah regional.

Salah satunya adalah Tan Ai Sim, HR Director, Lenovo ASEAN. Mengomentari topik Asian Leaders for Global Market, Tan mengungkapkan pandangannya selama berlangsungnya Singapore Human Capital Summit.

Menurutnya, pada kesempatan Summit tersebut Lenovo menekankan realitas lingkungan bisnis hari ini dimana perusahaan semakin ditentukan oleh apa yang mereka lakukan, bukan di mana mereka melakukannya.

“Ini berarti perusahaan akan mencari sumber talent dan mempekerjakan talent terbaik di mana mereka lebih memilih untuk tinggal,” sebut Tan.

Penekanan pada model kebudayaan yang otentik ini mendorong inisiatif pengembangan kepemimpinan di Lenovo.

“Prinsip-prinsip ini kami gunakan untuk membangun pemimpin-pemimpin Asia dari mana saja, tidak ada hambatan geografis,” tegasnya.

Ketika kita mencari bakat, kita mencari orang-orang yang memiliki talent dengan kriteria ABC, yakni attitude (sikap), behavior (perilaku) dan competency (kompetensi), tambah Tan untuk menegaskan semakin kecilnya pengaruh latarbelakang geografis dan individu dalam pemilihan talent.

Menurut Tan, Asia adalah mesin pertumbuhan global saat ini dan Indonesia adalah bagian dari cerita pertumbuhan itu. Lenovo melihat Indonesia sebagai salah satu pasar talent yang penting juga.

Dalam langkah manajemen talent Lenovo memiliki program eksekutif dimana karyawan berpotensi tinggi dari seluruh negara berkembang diundang ke Beijing dan 6 kota lainnya.

“Agenda program ini seperti sesi roundtables dengan eksekutif senior utama dan SVPs, untuk membantu karyawan mendapatkan pemahaman yang lebih baik dari strategi, paparan untuk eksekutif senior serta belajar dan sharing dari EMG lain maupun rekan-rekan tim China. Ketika para karyawan kembali ke negara asal, diharapkan mereka mampu berkontribusi pada jangkauan yang lebih luas atas topik yang berkaitan dengan pasar,” tutur Tan sambil menyebutkan saat ini terdapat 27.000 karyawan Lenovo di seluruh dunia yang terbagi dalam dua kelompok, yakni Emerging Markets dan Mature Markets.

(Foto diambil dari Linkedin)

Tags: ,