Kesalahan Umum Fresh Graduate Ketika Mencari Kerja

Ketika baru lulus kuliah, banyak lulusan perguruan tinggi (fresh graduate) melakukan kesalahan yang mungkin dapat mengubah langkah mereka berikutnya dalam dunia kerja. Kenali kesalahan-kesalahan umum ini, dan jangan sampai Anda salah langkah hanya karena kesalahan kecil yang tidak Anda sadari.

Kami menyarikan dari Beyond.com 5 kesalahan umum yang biasa dibuat oleh para pencari kerja baru berikut ini:

1. Membiarkan Orang Tua Menghubungi Perusahaan yang Potensial

Anda mungkin akan kaget dengan jumlah pelamar yang melibatkan orang tua mereka dalam mencari pekerjaan. Meskipun orang tua Anda tidak memungkinkan untuk berbicara kepada perusahaan yang potensial, namun seringkali mereka memiliki beberapa saran yang bagus untuk Anda dan menjadi sumber informasi yang berharga. Namun perlu dipastikan bahwa hal ini tidak menimbulkan kesan bahwa Anda tergantung pada orang tua dalam mengurus hal ini.

2. Bersihkan Akun-akun Social Media Anda

Jangan lupa bersihkan semua akun sosial media Anda dari hal-hal yang Anda tidak ingin dilihat oleh calon perusahaan yang akan mempekerjakan Anda. Banyak pelamar kerja yang gagal ketika perusahaan menemukan sesuatu tentang mereka melalui pencarian google atau di social media.

3. Bangun Jaringan Profesional

Sebagai seorang yang baru lulus, Anda mungkin belum memliki banyak jejaring profesional, tetapi jangan lupa Anda memiliki kedua orang tua atau keluarga. Beritahu mereka bahwa Anda sedang mencari pekerjaan. Biarkan mereka tahu bidang pekerjaan apa yang Anda inginkan. Kesalahan yang sering dilakukan fresh graduate adalah meremehkan kekuatan jaringan profesional ini.

4. Selalu Ucapkan Terimakasih

Di akhir interview, jangan lupa untuk selalu mengucapkan terima kasih kepada interviewer, atau Anda bisa juga mengirim tulisan berupa ucapan terima kasih setelah wawancara. Tidak ada alasan untuk berperilaku buruk selama wawancara, tunjukkan kepada mereka bahwa Anda telah terbiasa beretika profesional, hal tersebut akan membuat mereka terkesan.

5. Ubahlah Sapaan Voice Mail

Ini juga sering dilupakan para fresh graduate. Saat berada di perguruan tinggi, mungkin Anda memiliki pesan suara yang lucu atau nada dering yang kekanak-kanakan. Namun ketika perusahaan menghubungi Anda, pastikan pesan suara Anda tidak membuat mereka tidak jadi mempekerjakan Anda.

Tags: , , ,