Kenali 7 Pertanda Top Talent Anda Bersiap Resain

keyboard-417090_640

Jika Anda adalah seorang direktur atau manajer HR di sebuah perusahaan, pernahkan Anda tiba-tiba mendapati karyawan unggulan Anda tiba-tiba resain dengan tanpa peringatan apapun. Anda pun menjadi kebingungan. Pasalnya, kehilangan best talent bisa sangat melukai proses bisnis di perusahaan Anda. Bahkan, kehilangan seorang pemimpin atau top talent bisa berdampak pada karyawan-karyawan di bawahnya.

keyboard-417090_640

Baca juga: 7 Tanda Talent Terbaik Anda Akan Keluar

Mengantisipasi hal tersebut terjadi, sebagai seorang manajer sebetulnya kita bisa membaca tanda-tanda apakah seorang talent masih betah dengan perusahaan atau sudah mulai ancang-ancang untuk mencari peluang baru. Berikut adalah 7 tanda tersebut seperti dilansir dari themuse.com,

  1. Mengeluh atau Mengomel tentang Boss-nya. David Almeda, seorang pimpinan HRD di salah satu perusahaan Amerika, Kronos, menyampaikan, “Ketika seseorang sudah mulai mengomel, atau mengeluh tentang bosnya, itu pertanda bahwa satu kakinya sudah melangkah keluar perusahaan.” Hal ini biasanya betul-betul terjadi ketika yang bersikap semacam itu adalah top talent atau karyawan unggulan kita.
  1. Terlambat datang ke kantor, meeting atau pulang lebih cepat.

Setiap karyawan memiliki pola waktu kerjanya sendiri-sendiri. Mereka cenderung akan berangkat, makan siang atau pulang dalam waktu yang harmpir sama setiap harinya. Akan tetapi, apabila pola ini tiba-tiba berubah secara drastis, instan dan tanpa alasan tertentu, bisa dipastikan bahwa karyawan tersebut sudah merasa tertekan bekerja di kantor tersebut.

  1. Telat atau tidak selesai mengerjakan tugas

Selain waktu, karyawan juga memiliki pola kerja. Apakah si A biasanya bekerja lebih cepat dari deadline. Atau si B yang selalu tergesa-gesa menyelesaikan tugas dan si C yang sedikit terlambat. Apabila pola ini tiba-tiba berubah secara tiba-tiba tanpa sebab yang krusial, bisa jadi orang tersebut memang sudah merencanakan untuk hijrah pada peluang baru atau keluar dari tempat kerja.

  1. Perubahan yang tiba-tiba dalam hal berpakaian.

Kecuali bagi seorang model fashion di tempatnya bekerja, kecenderungan setiap orang juga memiliki pattern dalam berpakaian. Jadi, ketika teman kantor Anda yang tadinya berpakaian kasual tiap hari tiba-tiba memakai jas dan celana bahan. Anda pantas curiga. Bisa saja sebelumnya dia ada wawancara di tempat lain. Atau tidak perlu seekstrim pakai jas, celana bahan dan kemeja tanpa dasi pun jika tampak rapi bisa jadi pertanda dia sedang memburu peluang lain.

  1. Jam Makan siang yang Aneh

Jika Anda belum pernah peka akan hal ini sebelumnya, perubahan pola jam makan siang pun bisa menjadi pertanda bahwa karyawan tersebut berpikir untuk resain. Jadi perhatikan jika kayawan Anda tiba-tiba makan siang sendirian, lebih cepat atau bahkan belakangan. Bukan tidak mungkin ia memiliki agenda baru di luar pekerjaan di kantor.

  1. Melayat atau alasan yang aneh untuk meninggalkan kantor

Pernahkah karyawan Anda meminta izin tidak masuk kerja karena saudara jauhnya meninggal? Bahkan Anda belum pernah sama sekali mendengar kalau karyawan tersebut memiliki saudara jauh. Tetapi, siapa yang akan mempertanyakan validitas kematian seseorang. Hal ini tentunya sangat tidak etis sehingga tidak ada alasan untuk menahannya. Sebetulnya bukan hanya alasan melayat. Alasan-alasan lain pun jika ia sering meninggalkan kantor bisa menjadi pertanda bahwa ia memerlukan waktu untuk melakukan pekerjaan di luar tugas kantor.

  1. Meng-update LinkedIn dan agresif di sosial media.

Memperbaharui profil di jejaring sosial LinkedIn, adalah tanda tak terbantahkan bahwa seseorang tengah mencari peluang di tempat lain. Dengan akun tersebut, ia tengah mengedarkan resume-nya.

Apabila Anda memang sudah memergoki ketujuh tanda tersebut ada pada karyawan Anda, jangan langsung menahannya. Atau lebih buruk lagi berkonfrontasi dengannya. Justru, berdialoglah dan tanyakan apa yang salah dengan kondisi di kantor dan apakah masih mungkin diperbaiki. (*)